banner podcast

Mahasiswa PMM Kelompok 50 UMM Melakukan Kunjungan UMKM Pigura di Desa Pesanggarahan

  • Bagikan
Mahasiswa PMM Kelompok 50 UMM Melakukan Kunjungan UMKM Pigura di Desa Pesanggarahan
Banner Iklan

MOJOKERTO, LimaDetik.Com – Mahasiswa PMM golmbang 7 kelompok 50 Universitas Muhammadiyah Malang 2021 melakukan kunjungn UMKM Pigura yang terletak di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021).

Kunjungan yang dilakukan ini adalah dalam rangka untuk membantu jalannya program kerja dari mahasiswa yakni pengedukasian ekonomi kreatif kepada masyarakat desa pesanggrahan, dengan tujuan dari program kerja ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mulai membangun usaha UMKM nya sendiri.

Kunjungan UMKM yang dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk mempelajari bagaimana UMKM pigora berjalan dari mulai aspek pemasarannya hingga hambatan-hambatan yang dialami oleh UMKM, hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat menularkan semangat dan inspirasi kepada masyarakat khususnya masyarakat desa pesanggrahan agar membangun usahanya sendiri atau dengan kata lain memulai untuk berwirausaha.

Program ini tercetus setelah melihat kondisi masyarakat sekitar yang kebanyakan bekerja sebagai pegawai pabrik atau buruh pabrik. Di desa pesanggrahan dan sekitarnya memang bisa dibilang sebagai wilayah industri dimana banyak sekali pabrik-pabrik yang berdiri seperti pabrik susu krimer (PT. Lautan Natural Krimerindo), pabrik tepung (PT. Padi Flour Nusantara), pabrik bir (Bintang), pabrik bolu dan biskuit (PT. Ambrosia Pangan Lestari) dan masih banyak pabrik lainnya sehingga bisnis UMKM tertutup.

Hal ini menyebabkan mindset masyarakat sudah tertuju untuk bekerja di pabrik. Padahal dampak covid 19 yang banyak terjadi saat ini adalah pengurangan karyawan atau PHK, hal ini menyababkan keadaan ekonomi masyarakat menurun.

Mahasiswa PMM Kelompok 50 UMM Melakukan Kunjungan UMKM Pigura di Desa Pesanggarahan
FOTO: Cak Minin, Pemilik UMKM Pigora bersama dengan salah satu mahasiswa UMM

UMKM Pigura yang dituju oleh mahasiswa merupakan salah satu sampel dari UMKM yang ada di Desa Pesanggrahan, UMKM Pigora ini adalah milik Cak Minin yang terletak di Jl. Mayjend. H. Soemadi, Pesanggrahan, Kutorejo, Jawa Timur.

UMKM Pigora ini awalnya merupakan UMKM yang kecil dengan skala pengiriman yang hanya terbatas diwilayah Mojokerto saja, namun berjalannya waktu UMKM ini makin berkembang hingga sekarang UMKM yang didirikan oleh Cak Minin ini sudah mampu memasarkan produknya hingga keluar pulau Jawa.

Dengan kondisi UMKM yang baik ini akan mempermudah untuk mempersuasi masyarakat agar memulai untuk membangun usahanya sendiri.

Diharapkan dengan adanya program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa PMM gelombang 7 kelompok 50 UMM ini mampu untuk mendorong masyarakat agar membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang akan mendorong peningkatan serta kestabilan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Pesanggrahan.

Penulis: Jihan
Editor : Wahyu

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.