Mahasiswa PMM UMM Bantu Desa Torongrejo Mengajukan Revitalisasi dan Eksisting Bangunan Irigasi

Mahasiswa PMM UMM Bantu Desa Torongrejo Mengajukan Revitalisasi dan Eksisting Bangunan Irigasi
FOTO: Achmad Al-Katiri, Mahasiswa PMM UMM kelompok 25 saat menyerahkan laporan berita acara pengajuan revitalisasi kepada Bapak Roni salah satu pegawai PUPR Kota Batu

KOTA BATU, LimaDetik.Com – Bertempat di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu salah satu kelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan dimulai dari 4 Juni 2021 sampai 4 Juli 2021.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dengan ilmu yang sudah di dapatkan dibangku perkuliahan. Ada beberapa program kerja yang dicanangkan oleh PMM UMM gelombang 10 kelompok 25 ini salah satunya adalah membantu dalam pengajuan revitalisasi dan eksisting bangunan irigasi ke PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Kota Batu.

Hampir mayoritas warga Desa Torongrejo bermata pencaharian sebagai petani, maka dari itu bangunan irigasi adalah salah satu unsur yang terpenting dalam kegiatan pertanian. Mengetahui hal tersebut maka dari itu kelompok PMM UMM kelompok 25 ini berinisiatif menjalankan program kerja tersebut dengan mengajukan revitalisasi dan juga eksisting bangunan irigasi.

Tahap tahapan dalam mengajukan revitalisasi dan juga eksisting ini yang pertama adalah survey lokasi. Survey lokasi ini bertujuan untuk mengetahui titik titik mana saja dari bangunan irigasi Dusun Krajan tersebut yang memiliki kendala dalam pengoperasiannya dan perlu diadakan revitalisasi.

Pada tahap ini juga dilakukan pengambilan data data berupa ukuran dari bangunan irigasi yang perlu dilakukan perbaikan dan juga dokumentasi yang nantinya akan di lampirkan dalam laporan pengajuan revitalisasi dan juga eksisting tersebut.

Tahap yang kedua adalah menganalisis serta mencari solusi untuk masalah tersebut. Seperti contoh pada bendung yang bertempat di depan pondok pesantren “Tabiyyatul Quran” permasalahannya adalah adanya endapan sedimen yang tebal yang mengakibatkan pendangkalan air dan dari pendangkalan air tersebut pada saat hujan akan terjadi banjir.

Solusinya adalah dengan melakukan pengerukan endapan sedimen tersebut menggunakan alat berat dikarenakan jika menggunakan tenaga manusia akan lama sekali.

Bapak Ferdi, selaku penanggung jawab bagian irigasi di Desa Torongrejo mengatakan, kalau inti permasalahan dari sistem irigasi di Desa Torongrejo adalah bendung di depan pondok pesanteren tersebut.

“Kalau disini (bendung di depan pondok pesantren) banjir yang bawah juga banjir juga mas, jadi kalau masalah disini sudah teratasi bangunan irigasi yang bawah bawah insyaAllah aman” ucap Bapak Ferdi saat ditanya tentang masalah irigasi yang sering terjadi di Desa Torongrejo, sebagaimana rilis yang diterima media ini Jumat (9/7/2021).

Sementara itu Fajrur Rohman, anggota PMM UMM Kelompok 25 menjelaskan, tahap yang ketiga adalah dengan melakukan penggambaran berupa gambar bangunan irigasi yang perlu dilakukan perbaikan. “Ya yang digambar itu kayak luas bangunan irigasi nya soalnya dari pihak PUPR minta nya data itu biar bisa dilakukan perbaikan nantinya”, kata.

Selain itu lanjut Rohman, bahwa pada tahap yang terakhir adalah penyerahan laporan berita acara pengajuan revitalisasi dan perbaikan bangunan irigasi tersebut ke PUPR Kota Batu.

“Karena perbaikan yang dilakukan untuk bangunan irigasi Desa Torongrejo maka dari itu pengajuan perbaikan tersebut harus atas nama Desa Torongrejo” tandasnya.

Di lain sisi, mahasiswa PMM UMM kelompok 25 langsung menyerahkan laporan berita acara tersebut kepada Bapak Roi salah satu
pegawai dari PUPR Kota Batu dengan harapan dapat diperiksa ulang.

Bapak Roni sendiri saat menerima laporan berita acara dari mahasiswa PMM UMM berjanji akan menindaklanjuti jika memang harus ada perbaikan ataupun kekurangan dari berita acara dimaksud.

“Nanti laporan ini akan saya lanjuti, jikalau ada yang kurang nanti masnya saya hubungi lagi” kata Bapak Roi pada mahasiswa PMM UMM kelompok 25 saat mengajukan perbaikan untuk bangunan irigasi Desa Torongrejo.

Pewarta : Achmad Alkatiri.
Editor : Achmad Fadhil Al-Hasny