banner podcast

Mahasiswa PMM UMM Bantu Dusun Krajan Merencanakan MCK Umum yang Baik dan sehat

  • Bagikan
Mahasiswa PMM UMM Bantu Dusun Krajan Merencanakan MCK Umum yang Baik dan sehat
FOTO: Penyerahan data perencanaan MCK Umum oleh Mahasiswa PMM UMM kepada Kadus Krajan Desa Torongrejo, Kota Batu
Banner Iklan

KOTA BATU, LimaDetik.Com – Bertempat di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur salah satu kelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan dimulai dari 4 Juni 2021 sampai 4 Juli 2021.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dengan ilmu yang sudah di dapatkan dibangku perkuliahan. Ada beberapa program kerja yang dicanangkan oleh PMM UMM gelombang 10 kelompok 25 ini, salah satunya adalah membantu dalam perencanaan MCK umum yang baik dan juga sehat.

MCK singkatan dari Mandi, Cuci, Kakus adalah salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama oleh beberapa keluarga untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air di lokasi permukiman tertentu yang dinilai berpenduduk cukup padat dan tingkat kemampuan ekonomi rendah.

Perencanaan ini meliputi pembuatan gambar kerja, pembuatan rencana anggaran biaya atau biasa dikenal dengan RAB, dan juga tidak lupa dilampirkan standard SNI dari pembuatan MCK yang baik dan juga sehat tersebut. Tujuan dari program kerja ini karena Dusun Krajan masih belum memiliki MCK umum, berbeda dengan Dusun Klerek yang sudah memilki MCK umum lumayan lama. Bapak kepala Dusun Krajan, Desa Torongrejo sendiri ingin memiliki data perencanaan pembangunan MCK yang baik yang nantinya akan dijadikan acuan untuk pembangunan MCK di kemudian hari.

Bapak Priyanto selaku kepala dusun dari Dusun Krajan menanggapi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PMM UMM ini dengan positif. “Alhamdulillah mas sudah dibuatkan perencanaan untuk bikin MCK ini, data data dari jenengan ini akan kami pakai untuk acuan pembuatan MCK nantinya, terimakasih ya mas”. ucap pak Priyanto pada saat mahasiswa PMM UMM kelompok 25 ini mendatangi rumahnya untuk melakukan penyerahan perencanaan MCK umum tersebut.

Sementara itu, Fajrur Rohman, salah satu anggota PMM UMM menyebutkan, kegiatan ini juga berdampak positif bagi mahasiswa PMM UMM kelompok 25 gelombang 10 itu sendiri, dikarenakan dengan membantu warga Dusun Krajan, Desa Torongrejo dalam perencanaan MCK selain bermanfaat bagi dusun tersebut, kegiatan ini memiliki dampak positif lainnya yaitu pengalaman yang didapat oleh mereka selama pembuatan perencaan MCK umum yang baik dan sehat tersebut.

“Kalo menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya saya, karena kegiatan ini alhamdulillah nya saya jadi tau dan juga bisa merencanakan MCK yang baik dan juga benar, dan juga tentunya sehat lo ya” kata Fajrur Rohman anggota dari kelompok tersebut pada saat berkomentar tentang hasil pekerjaannya.

Pewarta : Achmad Alkatiri
Editor : Achmad F, Al-Hasny

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.