Mahasiswa PMM UMM Berikan Materi Bahasa Inggris Kepada Anak-Anak Panti Asuhan

Avatar of news.Limadetik
Mahasiswa PMM UMM Berikan Materi Bahasa Inggris Kepada Anak-Anak Panti Asuhan
FOTO: Kegiatan belajar mengajar di Panti Asuhan

LIMADETIK.COM, MALANG – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM UMM) dengan tema bhaktimu negeri kelompok 37 gelombang 11 yang beranggotakan 5 orang dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Novitasari Agus Saputri, M.Pd. Pada hari Kamis,27 Oktober 2022 melakukan penyampaian materi bahasa Inggris kepada anak- anak Panti Asuhan Taqwa Al-Qolbi yang berlokasi di Jl. Joyo Agung II No. 9 Tlogomas, Kecmatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa penjelasan materi bahasa inggris tentang nama-nama buah dan bagian-bagian tubuh melalui Power Point dan vidio animasi berbahasa Inggris.

“Materi bahasa Inggris yang kami lakukan bertujuan melatih daya ingat anak-anak panti dan mengajarkan menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya. Kami berharap anak-anak panti makin mahir dalam berbahasa Inggris” kata Andria Putri Novita Erwanda, koordinator PMM UMM, Kelompok 37, Gelombang 11, Minggu (30/10/2022).

Menurut Andria, penyampaian materi dikemas sesederhana mungkin dan menyenangkan agar anak-anak panti antusias. Saat para mahasiswa datang untuk memulai program, anak-anak panti tampak semangat. Mereka menyiapkan meja belajar untuk menerima materi.

Mahasuswa PMM UMM Berikan Materi Bahasa Inggris Kepada Anak-Anak Panti Asuhan
FOTO: Antusias anak anak panti asuhan mengikuti acara belajar bahasa inggris

“Kami menggunakan vidio animasi untuk mendukung penyampaian materi. Vidio yang kami siapkan berupa lagu tentang materi Part of Body dalam bahasa Inggris. Setelah materi selesai” ucapnya.

Pihaknya kata Andria, mengadakan sebuah kuis tentang materi yang telah disampaikan. Anak-anak panti sangat antusias untuk maju kedepan menjawab kuis. Anak panti yang sudah berani menjawab kuis kedepan dan benar akan mendapat hadiah.

“Mereka sangat menyukai pembelajaran menggunakan vidio. Hal tersebut dibuktikan dengan saat kami memutar vidio animasi mereka tampak memperhatikan serta menirukan apa yang ada di vidio” ujarnya.

Pembelajaran vidio efektif mendorong semangat belajar pada anak-anak panti. Pembelajaran bahasa Inggris dapat melatih skill komunikasi mereka. “Kami berharap dengan penyampaian materi bahasa Inggris ini dapat membuat anak-anak panti makin bersahabat dengan bahasa asing” tukasnya.