Banner Ucapan Selamat

Mahasiswa PMM UMM Melakukan Giat Reboisasi di Desa Ternyang dan Dusun Turus

  • Bagikan
Mahasiswa PMM UMM Melakukan Giat Reboisasi di Desa Ternyang dan Dusun Turus
FOTO: Mahasiswa U PMM UMM menyerahkan sejumlah bibit duren dan jeruk sankis kepada Kepala Desa Ternyang
Banner Iklan

MALANG, LimaDetik.Com – Mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 12 Gelombang 04 Desa Ternyang Kecamatan Sumber Pucung Kabupaten Malang melakukan program kerja salah satu yang sudah direncanakan, yakni melakukan reboisasi, sejak Senin 26 April 2021 lalu.

Mislahul Ardlianyah, Koordinator PMM Kelompok 12 mengatakan, Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang gundul maupun lahan-lahan yang tandus. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesadaran mahasiswa untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan setempat serta sebagai kenang-kenangan dari mahasiswa PMM Kelompok 12 Gelombang 04 untuk masyarakat.

“Program ini diharapkan sebagai upaya penanaman pohon di lahan kosong untuk kegiatan penanaman bibit sayuran dan bibit buah-buahan tersebar di Desa Ternyang dan Dusun Turus. 50 bibit sayur ditanaman di depan Kantor Desa Ternyang” kata Mislahul Ardlianyah pada media ini, Sabtu (8/5/2021).

Lebih lanjut Mislahul mengatakan, kegiatan menanam bibit oleh mahasiswa PMM UMM dimulai dari bibit cabe, tomat, sawi, kol, dan papaya. Untuk di Dusun Turus dilakukan penanaman bibit 4 bibit buah durian dan 3 jeruk sankis.

“Kami memulainya dari beberapa bibit, diantaranya, ada cabe, tomat, sawi juga kol dan pepaya. Semua ini kami lakukan sebagai dasar pengabdian pada masyarakat setempat. Selain itu kami juga menanam bibit durian dan jeruk sankis, ini kita tanam di dusun Turus deswa Ternyang, Kabupaten Malang” terangnya.

Mahasiswa PMM UMM Melakukan Giat Reboisasi di Desa Ternyang dan Dusun Turus
FOTO: Kegiatan mahasiswa PMM UMM di Desa Ternyang, Kabupaten Malang

Dikatakan Mislahul, penanaman bibit sayur pertama kali dilakukan di depan kantor desa dan dilanjutkan di Balai Dukuh Turus untuk penanaman buah durian dan jeruk sankis.

“Alhamdulillah, kegiatan penanaman buah dan sayur dapat berjalan sesuai rencana tanpa terkendala sedikit pun, semoga dengan kita melakukan penanaman buah-buahan di Balai Dukuh ini dapat memberikan kontribusi positif serta dapat bermanfaat dalam jangka panjang” imbuh Mislahul Ardlianyah.

Sementara itu, Dididk Santoso, Kepala Desa Ternyang menyambut baik Program kerja penghijuan lingkungan Desa Ternyang dan Dusun Turus. Dirinya bersama Pemerintah desa dan masyarakat setempat menyambut baik dan positif kegiatan tersebut.

“Terimakasih atas bibit-bibit durian, jeruk dan sayur-sayurannya” tutur Didik Santoso selaku Kepala Desa Ternyang.

(sg/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *