banner podcast

Mahasiswa UMM Ajarkan Makanan Sehat Pada Siswa-Siswi Desa Kesambi

  • Bagikan
Mahasiswa UMM Ajarkan Makanan Sehat Pada Siswa-Siswi Desa Kesambi
FOTO: Mahasiswa PMM 45 UMM saat melakukan kegiatan KBM bersama Siswa-Siswi MI Muhammadiyah 01 Kesambi Lamongan
Banner Iklan

LAMOMGAN, LimaDetik.Com – Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UMM kelompok 45 mengadakan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada lembaga pendidikan yang ada di desa Kesambi, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilakukan mulai Kamis, 10 Juni hingga Rabu,16 Juni 2021.

“Lembaga pendidikan yang dituju diantaranya MI Muhammadiyah 01 Kesambi, MI Tarbiyatul Islamiyah, dan TK Tarbiyatul Athfal” kata Khoirun Nisa’, Ketua Kordinator Kelompok PMM 45 UMM kepada media ini, Kamis (17/6/2021).

Menurut Nisa’ sapaan akrab Khoirun Nisa’, kegiatan KBM bermula dengan adanya koordinasi yang baik antara pihak mahasiswa dan pihak lembaga terkait. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa UMM menjelaskan kepada siswa terkait makanan yang baik maupun tidak baik untuk dikonsumsi.

“Para siswa umumnya sudah mengetahui mana makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi. Namun mereka masih belum bisa menghindari makanan yang sebenarnya tidak baik untuk dikonsumsi” ujarnya.

Mahasiswa UMM Ajarkan Makanan Sehat Pada Siswa-Siswi Desa Kesambi
FOTO: Keakraban Mahasiswa PMM UMM bersama Siswa-Siswi MI Muhammadiyah 01 Kesambi (@dinda maulida)

Lalu, bagaimana cara menghindarinya?, koordinator kelompok PMM 45 UMM kembali menegaskan, bahwa Mahasiswa UMM menyarankan salah satu cara pada siswa yaitu dengan cara mulai membatasi mengonsumsi makanan tersebut. Sehingga nafsu makan atas makanan tidak sehat tersebut dapat dikurangi.

“Selain penyampaian materi, mahasiswa UMM juga memberikan berbagai pertanyaan yang tentunya berhadiah. Pertanyaan yang diajukan seputar materi yang sedang mereka pelajari seperti perkalian, pengurangan, dan ilmu pengetahuan alam. Adanya hadiah tentu membuat para siswa senang dan berebut untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kakak mahasiswa” ungkapnya.

Semwntara itu, salah satu guru MI Muhammadiyah 01 Kesambi, ibu Eny Kustatiningsih menambahkan, tak lupa, para mahasiswa juga menyiapkan berbagai permainan yang tak kalah seru. Diantaranya ada tebak kata, pohon dan kelinci, mencari teman, dan lain-lain. Para siswa sangat antusias dalam bermain, meskipun banyak berkeringat dan kepanasan tetapi hal tersebut tidak membuat semangat siswa dan kakak mahasiswa luntur.

“Sebagai apresiasi kepada para siswa yang telah bersemangat, kakak mahasiswa pun membagikan hadiah kepada mereka semua. Kegiatan belajar mengajar diakhiri dengan pemberian vendel oleh mahasiswa kepada pihak lembaga terkait dan sesi foto bersama para siswa dan guru” tukasnya.

Penulis: Ananda Maulida
Editor : Wahyu

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.