Tak Berkategori  

Manajemen Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga

Manajemen Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga
FOTO: Yogam Prathista Hare Putra

OLEH: Yogam Prathista Hare Putra
Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Dalam rangka pembangunan Indonesia yang sedang berkembang pesat sekarang ini, pembangunan dan pengembangan dalam bidang olahraga diharapkan untuk dapat mencapai cita-cita bangsa agar terbentuknya manusia Indonesia yang sehat jasmani maupun rohani serta terampil.

Pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan salah satu hakekat pembangunan olahraga nasional, kegiatan pembinaan dan pengembangan olahraga yang merupakan bagian upaya peningkatan sumber daya manusia yang utamanya ditujukan untuk pembentukan watak dan kepribadian termasuk sifat-sifat disiplin, sportivitas dan etos kerja yang tinggi.

Setiap olahraga akan memerlukan manajemen. Sebab olahraga terdiri atas kumpulan manusia yang bekerjasama untuk mencapai tujuan. Agar terjadinya kerjasama yang baik dalam sebuah olahraga perlu penataan dan pengelolaan yang tepat dan berjalan secara sitematis melalui tahapan-tahapan yang dimulai dengan sebuah proses perencanaan.

Manajemen dalam olahraga merupakan koordinasi semua sumber daya yang ada, meliputi, Sumber Daya Manusia (SDM), material, teknologi dan finansial, yang diperlukan oleh manusia untuk mencapai tujuannya. Manajemen memberikan arahan dan panduan yang dapat menyatukan berbagai macam individu dalam suatu usaha produksi.

Dalam kaitannya dengan dunia olahraga, manajemen diartikan sebagai tanggung jawab terhadap penampilan atau kinerja olahraga. Manajemen olahraga yang baik akan menunjukan tingkat keberhasilan seseorang dalam sebuah olahraga. Karena dalam olahraga menaungi banyak bidang yang merupakan bagian yang penting yang harus dikendalikan agar dapat dijadikan alat untuk mencapai sebuah tujuan.

Tujuan akhir dari manajemen olahraga adalah kesuksesan para pelaku olahraga dalam meningkatkan prestasi olahraga. Jadi manajemen olahraga dapat diartikan suatu aktivitas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap obyek manusia, uang, metode, materi, mesin, pemasaran dan sumber daya lainnya di tempat orang berkumpul melakukan suatu aktivitas jasmani baik yang bertujuan olahraga prestasi, rekreasi, kesehatan maupun pendidikan untuk mencapai tujuan tertentu.

Olahraga pada dasarnya merupakan kebutuhan setiap manusia dan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk menjaga agar kondisi fisik dan kesehatan manusia tetap terjaga dengan baik. Manajemen sangat penting bagi setiap aktivitas individu atau kelompok dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Manajemen berorientasi pada proses yang berarti bahwa manajemen membutuhkan sumber daya manusia, pengetahuan dan keterampilan agar aktivitas lebih efektif atau dapat menghasilkan tindakan dalam mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu, tidak akan ada organisasi yang akan sukses apabila tidak menggunakan manajemen yang baik.

Jadi manajemen olahraga dapat diartikan suatu aktivitas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap obyek manusia, uang, metode, materi, mesin, pemasaran dan sumber daya lainnya di tempat orang berkumpul melakukan suatu aktivitas jasmani baik yang bertujuan olahraga prestasi, rekreasi, kesehatan maupun pendidikan untuk mencapai tujuan tertentu.

Tinggalkan Balasan