Manajemen Sumber Daya Manusia Berpengaruh

Avatar of news.Limadetik
Manajemen Sumber Daya Manusia Berpengaruh
FOTO: Elmalia Hasanah

OLEH : Elmalia Hasanah
PRODI: Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

________________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan proses memanfaatkan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi dengan ini potensi fisik dan psikis yang dimiliki dapat berfungsi secara maksimal. Manajemen SDM berarti pemngembangan sumber daya manusia yang berfungsi melakukan perencanaan SDM, penerapan, perekrutan, pelatihan, pengembangan, dan melakukan inisiatif terhadap pengembangan organisasi ataupun perusahaan.

Dalam menjalakan bisnis peran Manajemen sumber daya manusia sangat lah penting, dengan adanya manajemen SDM kida dapat melakukan perencanaan di bidang sumber daya manusia saat hendak menjalankan bisnis.

Fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia, yaitu:

a. Staffing
Fungsi ini terdiri dari perencanaan, perekrutan serta seleksi sumber daya manusia. Disini peran manajer bertanggung jawab dalam penyeleksian SDM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dalam tahap ini dilakukan tes, wawancara, serta mengetahui lebih dalam latar belakang pelamar.

b. Perfomance Evaluation
Selain staffing, manajemen SDM juga bertanggung jawab pada penilaian kerja karyawan. Perfomance Evaluation adalah penilaian kinerja karyawan selain itu, juga dapat dilakukan pelatihan bagi manajer maupun karyawan.

c. Training Development
Menciptakan program pelatihan dan pengembangan yang evektif bagi karyawan. Training dapat dilakukan untuk karyawan baru pada masa orientasi maupun bagi karyawan yang sudah ada untuk pengembangan keterampilan.

d. Compensation
Dalam hal ini bertanggung jawab untunk mengembangkan struktur gaji, bonus serta kompensasi lainnya yang ingin diberikan ke karyawan.

Selain fungsi di atas, ada pula proses manajemen sumber daya manusia yang segala proses berkaitan dengan upaya dari mulai perencanaan, perekrutan, penandatangan kontrak kerja, penempatan tenaga kerja serta pembinaan dan pengembangan tenaga kerja.

Hal penting dari manajemen sumber daya manusia ialah pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya manusia secara penuh dan dapat berkesinambungan sehingga dapat berkerja secara efektif, optimal, dan produktif dalam pencapaiaan tujuan bisnis kita.

Pemilik bisnis bisa melakukan perencanaan SDM sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan sehingga bisnis yang dijalankan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat, hal ini dapat dilakukan dengan manajeman sumber daya manusia.

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia dapat disimpulkan sangat berperan penting untuk menjalankan suatu bisnis dikarenakan tanpa adanya SDM bisnis yang kita jalankan tidak dapat di laksanakan dengan sendiri karna kita tetap memerlukan tenaga kerja SDM.