Manfaat Olahraga Bulutangkis Saat Puasa di Bulan Ramadan Pada Tahun 2023

Avatar of news.Limadetik
Manfaat Olahraga Bulutangkis Saat Puasa di Bulan Ramadan Pada Tahun 2023
FOTO: Akhmad Syahrul Muharram

Manfaat Olahraga Bulutangkis Saat Puasa di Bulan Ramadan Pada Tahun 2023

Oleh : Akhmad Syahrul Muharram
NIM : 190621642473
Jurusan : Ilmu Olahraga
Universitas Negeri Malang

_________________________

ARTIKEL – Bulan puasa bukanlah waktunya bermalas-malasan atau menghindari diri dari berolahraga. Pasalnya, saat bulan puasa pun juga masih bisa melakukan berbagai olahraga yang terpenting kamu memperhatikan intensitas waktu olahraga saat berpuasa, yang paling efektif sore hari sambil menunggu waktu berbuka.

Karena di dalam olahraga kita diajari untuk menjunjung tinggi sportifitas dengan mematuhi aturan permainan yang berlaku.

Badminton atau dikenal juga dengan sebutan bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang populer di Indonesia setelah sepak bola, futsal, dan basket.

Olahraga ini digemari oleh semua umur, dan dapat pula dilakukan oleh berbagai kalangan dan lintas kelas sosial serta jenis kelamin. Peralatan yang diperlukan pun tidak mahal, yaitu raket dan shuttlecock atau kok.

Aturan permainannya juga sangat familiar, itulah sebabnya dengan gampang kita dapat menemukan lapangan badminton di lingkungan sekitar kita, seperti sekolah, kelurahan, dan area publik lainnya. Selain populer, badminton termasuk jenis olahraga yang aman dilakukan saat menjalani ibadah puasa.

Menurut para ahli kesehatan, badminton bukan termasuk olahraga berat yang dapat menyebabkan dehidrasi, apalagi bila dilakukan untuk sekadar menjaga kebugaran.

Beberapa penelitian mengatakan, ketika berpuasa, tubuh akan beradaptasi untuk proses pembakaran lemak dan penyimpanan karbohidrat dalam otot dan hati sehingga tubuh tidak cepat lemas saat asupan glukosa rendah karena tubuh memiliki cadangan makanan untuk diolah.

Karena apabila kita mulai merasa kehausan, kita tidak terlalu lama menunggu waktu untuk berbuka. Sehingga dehidrasi pun dapat dihindari.

Manfaat olahraga Bulutangkis dalam waktu puasa yaitu: Menurunkan berat badan berlebih, tubuh tetap sehat dan berenergi, Menghilangkan stress, dan melancarkan pencernaan.

Penulis: Akhmad Syahrul MuharramEditor: Wandi