banner podcast

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh

  • Bagikan
Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh
FOTO: Naufal Firdaus
Banner Iklan

OLEH: Naufal Firdaus
S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Sarapan pagi merupakan nutrisi awal bagi tubuh untuk memulai aktivitas, dengan melakukan sarapan pagi akan terjamin pola makan yang teratur dan dapat mendukung tubuh dalam hal kesehatan. Sarapan pagi adalah cara yang baik untuk mengisi kebutuhan energi sepanjang hari (Febry & Zulfito : 2009).

Pada pagi hari tubuh membutuhkan asupan energi yang cukup, karena pada pagi hari seseorang akan mulai melakukan aktivitas. Oleh karena itu, setiap orang sangat disarankan untuk sarapan pagi agar dapat melakukan aktivitas tanpa merasa kelelahan.

Sarapan pagi dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan tubuh saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja. Bagi anak sekolah atau mahasiswa sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran sehingga prestasi belajar lebih baik (Khomsan, 2010).

Menurut Khomsan (2010) ada 2 manfaat yang diperoleh kalau seseorang melakukan sarapan pagi, antara lain :

1. Sarapan pagi dapat menyediakan karbohidrat yang siap digunakan untuk meningkatkan kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang terjamin normal, maka gairah dan konsentrasi kerja bisa lebih baik sehingga berdampak positif untuk meningkatkan produktifitas.

2. Pada dasarnya sarapan pagi akan memberikan kontribusi penting akan beberapa zat gizi yang diperlukan tubuh seperti protein, lemak, vitamin dan mineral. Ketersediaan zat gizi ini bermanfaat untuk berfungsinya proses fisiologis dalam tubuh.

Disamping itu ada beberapa manfaat lain dari sarapan pagi, diantaranya :

1. Memberi Energi Lebih, tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.

2. Menyegarkan Otak, otak juga mendapat nutrisi dari sarapan, sehingga otak dapat berpikir lebih cepat, disini sarapan pagi berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi pada otak.

3. Mencegah Penyakit Maag, sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih dan berpotensi timbulnya sakit maag.

4. Menyehatkan Tubuh, sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolesterol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolesterol bisa berkurang.

Pada kondisi sekarang banyak orang yang jarang melakukan sarapan pagi. Penyebab terjadinya pun banyak mulai dari seorang ibu yang tidak memasak pagi hingga pola bangun tidur yang terlalu mepet dengan jadwal aktivitas, sehingga berdampak pada kurangnya energi dan semangat saat melakukan aktivitas. Tingkat konsentrasi pada sesorang terhadap pemikiran ide
materi juga akan menurun.

Peningkatan konsentrasi dapat di capai dengan berbagai cara, salah satunya adalah makan pagi atau biasa disebut dengan sarapan. Konsentrasi adalah pemusatan perhatian dan kesadaran sepenuhnya kepada bahan pelajaran yang sedang dipelajari.

Sarapan pagi dan konsentrasi adalah dua hal yang saling berhubungan, sarapan pagi dapat membuat konsentrasi terjaga dan tetap fokus pada suatu pekerjaan yang dijalankan.

Konsentrasi akan berhasil ketika tubuh telah terisi energi, karena dengan energi tersebut seseorang bisa bekerja dengan baik tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti. Selain itu dengan sarapan pagi dapat menghindarkan seseorang pada pikiran kosong yang membuat ketidakmaskimalan pada suatu aktivitas.

Konsentrasi membuat kita dapat bekerja secara sepenuhnya, dengan konsentrasi kita dapat memunculkan ide-ide baru yang membuat pekerjaan lebih bervariasi dan tidak terasa monoton.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.