Memaknai Pentingnya Audit Kinerja Sektor Publik Pada Perekonomian Negara Pada Saat Ini

Memaknai Pentingnya Audit Kinerja Sektor Publik Pada Perekonomian Negara Pada Saat Ini
FOTO: Ilustrasi

OLEH: Lailatul Mafula
Universitas Muhammadiyah Malang

Audit kinerja terhadap sektor publik sangatlah penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Sektor publik merupakan salah satu bagian dari perekonomian negara, sektor publik terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, maupun BUMD, sektor publik pasti membutuhkan audit yang pada umumnya dilakukan di bagian akhir yang berguna untuk mengetahui, memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif berdasarkan asersi manajemen mengenai tindakan ekonomi sehingga memperoleh hasil yang nantinya akan digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Maksud dari audit tersebut untuk memberikan kepastian bahwa laporan keuangan telah dinyatakan susuai dengan prinsip akuntansi baik dari segi perundang-undangan, pengendalian intern maupun kegiatan operasi entitas sektor publik yang telah dilaksanakan secara efektif, efisisen dan ekonomis. Selain sebagai evaluasi, audit sangat dibutuhkan saat ini mengingat adanya indikasi bahwa petugas negara dari segmen manapun yang melakukan kecurangan.

Adanya indikasi kecurangan yang telah dilakukan oleh aparat negara menyebabkan banyaknya kerugian sehingga pihak yang seharusnya menerima kesejahteraan tersebut menjadi pihak yang telah dirugikan, dikarenakan alasan tersebut kita harus mengetahui pentingnya audit kinerja sektor publik sehingga masyarakat dapat menilai apakah audit kinerja pada sektor publik sudah memenuhi prinsip tujuan visi misi awal dalam audit sektor publik.

Beberapa jenis-jenis di dalam audit kinerja sektor publik yang harus diketahui diantaranya adalah:

1. Audit Ekonomi dan Efisiensi
Di dalam pengelolaan audit sektor publik dari segi ekonomi adalah input dari audit kinerja yang didasarkan pada kualitas dan kuantitas tertentu pada harga dengan harga terendah, ekonomi disini diartikan dengan perbandingan input dengan input value. Selain dari segi ekonomi, audit berdasarkan efisiensi juga harus di perhatikan. Efisensi ini merupakan pencapaian dari output yang dihasilkan dengan membandingkan antara input dengan output.

2. Audit Efektifitas
Maksud audit efektifitas bertujuan untuk menentukan tingkat pencapaian hasil atau manfaat yang diinginkan. Dengan menilai kesesuaian yang ditetapkan sebelumnya, serta mempertimbangkan alternatif yang dapat memberikan hasil yang sama dengan yang
ditetapkan ini menilai apakah dengan melaksanakan program yang dapat memberikan hasil yang baik.

Dalam pelaksanaan audit kenerja dapat dilakukan pada sektor swasta maupun sektor publik dan badan pemerintah karena pada dasarnya semua bertujuan untuk kepentingan masyarakat yang merupakan prioritas utama. Di Indonesia terdapat dua badan yang dapat melakukan audit yaitu badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).