Memilah Sampah Organik dan Anorganik, Cara Mahasiswa PMM UMM Membiasakan Anak-anak Membuang Sampah dengan Benar

Memilah Sampah Organik dan Anorganik, Cara Mahasiswa PMM UMM Membiasakan Anak-anak Membuang Sampah dengan Benar
FOTO: Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Kelompok 5 Gelombang 6 UMM

MALANG, LimaDetik.Com – Dengan situasi pandemi Covid-19 membuat Universitas Muhammadiyah Malang mengganti kegiatan Kuliah Kerja Nyata menjadi Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa yang biasanya disebut dengan PMM. Kelompok 5 PMM Bhaktimu Negerti melaksanakan kegiatan di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang, Sabtu (10/7/2021).

Menurut Ayu Millenia, salah satu anggota kelompok 5 PMM UMM, mereka ditempatkan di Taman Baca dimana Taman Baca tersebut tempat berkumpulnya anak-anak, setiap pukul 09.00 pagi selalu ramai dengan adanya anak-anak yang bermain dan Belajar.

“Biasanya mereka bermain mainan Tradisional. Salah satu program yang kelompok kami lakukan yaitu ‘Memilah Sampah Organik dan Anorganik (membiasakan pada anak-anak membuang sampah sesuai dengan jenisnya)’ yang dimana kita mengajak anak-anak untuk berkumpul di Taman Baca tidak lupa kita juga mematuhi protocol Kesehatan Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak” kata Ayu.

Setelah itu lanjut Ayu, Kelompok mereka mengajari anak-anak mengenai sampah Organik dan sampah Anorganik dan juga membeda-bedakan jenis-jenis sambah agar mereka dapat membuang sampah sesuai dengan jenisnya.

“Kelompok 5 PMM bhaktimu Negeri juga memberikan penjelasan dan mengasih tahu seperti apa sampah organic dan anorganik kelompok kami menjelaskan kepada anak-anak melalui Poster yang telah kami cetak” ucap Ayu Millenia.

Sementara itu, Ibu Sanik Sekdes Tegalgondo menuturkan dengan adanya PMM UMM kelompok 5 merupakan b entuk kepedulian terhadap masyarakat terlebih anak-anak agar mulai terbiasa berlaku bersih dan membuang sampah dengan cara yang benar.

“Sangat berterimakasih dengan adanya Kelompok 5 PMM UMM, karena kegiatan ini bertujuan sangat positif dan dapat memberikan wawasan lebih kepada anak-anak Tegalgondo” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, Sanik juga berharap kedepannya Taman Baca Tegalgondo lebih bisa maju lagi dan anak-anak bisa senang dan diterima dengan adanya Kelompok 5 PMM UMM Bhaktimu Negeri ini.

“Kami Kelompok 5 PMM UMM juga merasa senang hati bisa mengajari anak-anak bagaimana cara memilah-milah sampah Organik dan Anorganik, dengan adanya kegiatan pilah sampah ini anak-anak jadi bisa membedakan sampah Organic dan Anorganik sejak kecil. Kelompok 5 juga memberikan Tempat Sampah yang ada tulisannya jadi anak-anak lebih bisa membedakan dan membuang sampah pada tempatnya” timpal Ayu mengakhiri.

Penulis : Tika Utari
Editor : Achmad Fadhil Al-Hasny