banner podcast

Menanamkan Jiwa Nasionalisme pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Batu

  • Bagikan
Menanamkan Jiwa Nasionalisme pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Batu
FOTO: Penutupan PMM kelompok 19
Banner Iklan

BATU, Limadetik.com – Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oeh mahasiswa (PMM) adalah salah satu program yang wajib diikuti oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) baik secara perorangan ataupun kelompok.

Kegiatan PMM ini sendiri merupakan pengganti sementara dari kegiatan KKN dan dilaksanakan ketika Pandemi Covid-19 berlangsung. Kegiatan pengabdian masyarakat bertempat di Jl. Masjid Banaran kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Tim PMM UMM kelompok 19 Gelombang 13 ini mengadakan kegiatan dengan tema “Menanamkan Jiwa Nasionalisme Kepada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Batu” kegiatan ini berlangsung dari tanggal 06 September-04 Oktober 2021.

Pada tanggal 14 dan 15 September 2021, PMM UMM kelompok 19 Gelombang 13 dengan dosen pembimbing lapangan Ibu Nur putri Hidayah A.Md.,SH.,MH.

Sedangkan anggota kelompok 19 ini sendiri sebanyak 5 orang yakni, Naufal Faalih Antar, Selvia Anggraeni, Dinda Valencia Ellavan, Sumertak Sumunar, Mairiska Alya Saraswati.

“Kelompok 19 ini dari Program studi Ilmu hukum mengusung kegiatan yaitu, menamkan jiwa nasionalisme kepada siswa sekolah luar biasa dengan mengenalkan nama pahlawan nasional serta sejarahnya dengan media mata uang Indonesia, menyanyikan lagu wajib nasional, mengenalkan rumah adat serta mengenalkan simbol-simbol yang terdapat dalam Pancasila sebagai dasar negara Indonesia” kata koordinator PMM kelompok 19, Naufal Faalih, Sabtu (9/10/2021).

Selain melaksanakan kegiatan tersebut, lanjut Naifal, kelompok PMM 19 juga memberikan sesi tanya jawab kepada siswa untuk menguji kemampuan pemahaman siswa dan tanpa disangka-sangka salah satu siswa bernama Haris Yuliantono sanggup menjawab semua pertanyaan pada sesi tanya jawab dengan jawaban yang tepat dan mengesankan,

Haris Yuliantono atau biasa dipanggil Anton merupakan anak yang memiliki daya ingatan yang kuat, keterbatasan yang dimiliki Anton tidak menjadi penghalang bagi dia untuk menerima materi yang kami berikan.

“Selama satu bulan kami melaksanakan PMM di Sekolah Luar Biasa Negeri Batu, banyak pengalaman yang dapat kami ambil. Dengan segala keistimewaan yang dimiliki para siswa tidak menyurutkan semangat mereka dalam mengikuti kegiatan yang kami berikan” ungkap Naifal.

“Bahkan kami merasa kagum dengan apa yang kami dapati di lapangan, para siswa SLB Negeri Batu sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PMM ini. Kami berharap semua siswa SLB Negeri Batu mendapatkan manfaat dari apa yang telah kami berikan selama kegiatan PMM” jelasnya.

Selain itu tambah Naufal, ia bersama teman-temannya melakukan kegiatan lain dengan mengisi salah satu kegiatan yaitu, mendampingi siswa-siswi SLBN Batu, untuk menyalurkan rasa cinta pada tanah air dilakukan dengan cara melukis jalan sekolah SLBN Batu dengan warna merah dan putih.

Penutupan PMM kelompok 19
FOTO: Melukis Jalan Bersama Siswa Berkebutuhan Khusus

Menurut ibu Siti Muamanah, Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Batu bahwasanya, pemilihan warna merah dan putih sangat membantu para siswa dan siswi untuk mengenal warna bendera Indonesia dan menanamkan cinta tanah air dari hal-hal terkecil, meskipun dari hal-hal terkecil nantinya akan berdampak besar bagi para siswa-siswi berkebutuhan khusus.

Ia melihat, Anggita Nur Savaira atau kerap dipanggil Gita merupakan salah seorang siswi yang memiliki keterbatasan (tunanetra). “Meskipun memiliki keterbatasan tersebut, tetapi tidak menyurutkan semangat dan rasa ingin tahunya melihat warna dunia” kata Ibu Siti Muamanah.

“Dan pada akhirnya melalui kelompok kami dari mahasiswa PMM bersama pihak sekolah membuat kegiatan melukis jalan SLBN Batu bersama para siswa lainya serta didampingi oleh guru dan anggota PMM lainya” Naufal menimpali.

Dikatakan Naufal, pada hari kamis 16 september 2021, pihaknya mengadakan kegiatan yang bertajuk menyalurkan bakat siswa melalui media melukis jalan, acara tersebut berjalan dengan lancar berkat bimbingan serta arahan para mahasiswa PMM serta didampingi oleh dewan guru.

“Acara tersebut dapat terselenggara dengan lancar berkat kerjasama serta semangat dan rasa ingin tahu para siswa-siswi SLB Negeri Batu” tukasnya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.