Mengajar Kepemimpinan, Pengambilan Keputusan Kepada Anak Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Ulil Abshar

Avatar of news.Limadetik
Mengajar Kepemimpinan, Pengambilan Keputusan Kepada Anak Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Ulil Abshar
FOTO: Kegiatan di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Ulil Abshar

Oleh: PMM Bhaktiku Negeri Kelompok 95 Gelombang 10
________________________________

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Pengabdian Masyarakat (PMM) Kelompok 95 Gelombang 10 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mohammad Chasrun Hasani, M.T, acarana tersebut berlangsung dari 1-31 Oktober 2022.

Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Ulil Abshar adalah salah satu panti asuhan yang dinaungi oleh pimpinan cabang Muhammadiyah Dau yang terletak di Jl. Margo Basuki No. 43, Dusun Jetis, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. PMM Kelompok 95 Gelombang 10 mengadakan salah satu kegiatan yang bertemakan dengan Pelatihan Kepemimpinan.

Artikel ini berhubungan dengan salah satu materi yang kami bahas selama kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Ulil Abshar. Kepemimpinan bertujuan untuk membuat para anak asuh yang berpartisipasi di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Ulil Abshar bisa memahami dan menjadi pemimpin yang bijak dalam mengambil keputusan, serta dapat menikmati dan mendapat ilmu pengetahuan baru dari kegiatan PMM yang kami lakukan.

Sosialisasi atau pemberian materi terkait dasar-dasar kepemimpinan dan pengambilan keputusan dengan tujuan memberi gambaran kepada anak-anak tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik, membina, membimbing, mempengaruhi dan mengontrol pikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain. Anak-anak juga diajarkan bagaimana mengambil keputusan secara individu maupun organisasi. Juga membangun kualitas kerjasama yang baik yang dimana juga merupakan bagian dari kepemimpinan.

Dilanjutkan dengan penugasan terkait materi dengan tujuan agar bisa memahami dan menerapkan kepemimpinan serta pengambilan keputusan dengan baik. Tentunya dengan adanya pemberian hadiah kepada yang memiliki jawaban yang terbaik, untuk meningkatkan motivasi belajar mereka, mempertahankan perilaku yang positif, dan menjadikan diri lebih produktif.

Tidak hanya mengerti tentang kepemimpinan namun juga melatih anak – anak agar menjadi panutan bagi semua orang dalam segala hal baik dalam berbicara, bertindak, dan dalam mengambil keputusan yang bijak. Dengan harapan anak – anak juga mengerti bagaimana memahami & memberi motivasi, memahami proses persepsi dan pembentukan komunikasi yang efektif.

Dengan terealisasinya kegiatan yang kami lakukan di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Ulil Abshar, besar harapan kami dan tentu harapan masyarakat luas terkait pentingnya kepemimpinan dan pengambilan keputusan dimana merupakan pondasi dalam membangun serta mempersiapkan masa depan yang cerah.