Mengenal Lebih Dalam Asuransi Sebagai Opsi Investasi yang Menjanjikan

Avatar of news.Limadetik
Mengenal Lebih Dalam Asuransi Sebagai Opsi Investasi yang Menjanjikan
FOTO: Nadya Safira Anggraini

Mengenal Lebih Dalam Asuransi Sebagai Opsi Investasi yang Menjanjikan

Oleh : Nadya Safira Anggraini
Prodi: Akuntansi
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

_______________________________

ABSTRAK

ARTIKEL – Sebagai bagian dari LKBB asuransi dapat menjadi pilihan bagi masyarakat dalam melakukan investasi. Salah satu jenis asuransi yang ada adalah asuransi unit link yaitu gabungan dari produk asuransi dan investasi yang dikeluarkan oleh sebagian perusahaan asuransi.

Dalam asuransi unit link, masyarakat diberikan berbagai macam pilihan instrument investasi sesuai dengan tingkat risiko yang dihadapi. Investasi dalam asuransi unit link adalah jenis investasi jangka panjang, yang mana nilai investasinya akan lebih optimal bila sudah mecapai lebih dari 5 tahun.

Dengan semakin berkembangnya industri asuransi di Indonesia, maka persaingan antar perusahaan asuransi semakin kompetitif, masyarakat diberikan pilihan perusahan asuaransi mana yang akan dipilih berikut pilihan instrumen investasi yang sesuai dengan karakter nasabah atau calon investor dan tingkat risiko yang dihadapi, sehingga investor juga melakukan dua hal sekaligus yaitu melakukan mendiversifikasi investasi, dan secara otomatis resiko pun akan terdiversifikas pula.

PENDAHULUAN
Asuransi merupakan sebuah kontrak antara pemegang polis (pemegang asuransi) dan perusahaan asuransi. Pemegang polis setuju untuk membayar premi secara teratur, sedangkan perusahaan asuransi setuju untuk memberikan manfaat finansial jika terjadi risiko yang ditanggung oleh polis tersebut.

Asuransi salah satu instrumen dari Lembaga Keuangan Bukan Bank atau LKBB. Sebagai bagian dari LKBB asuransi berfungsi menghimpun dana dari masyarakat namun tidak dalam bentuk tabungan, tetapi mengeluarkan kertas berharga atau polis dan menyalurkan dana yang telah dihimpun tersebut untuk membiayai kegiatan investasi atau konsumsi perusahaan.

Perkembangan asuransi yang pesat menjadikannya menjadi sebuah industri yaitu industri asuransi, dimana asuransi yang awal mulanya sebagai perusahan yang hanya sebagai tempat untuk mengalihkan risiko terhadap benda atau jiwa seseorang, kini dapat juga sebagai tempat untuk berinvestasi.

Asuransi umumnya diketahui sebagai perlindungan finansial terhadap risiko yang mungkin terjadi. Namun, beberapa jenis asuransi juga dapat berfungsi sebagai opsi investasi yang menjanjikan. Meskipun asuransi umumnya dikenal sebagai perlindungan finansial terhadap risiko, beberapa jenis asuransi juga dapat digunakan sebagai opsi investasi yang menjanjikan.

Berikut adalah beberapa asuransi yang dapat berfungsi sebagai opsi investasi:

1. Asuransi Unit Link:
Asuransi unit link adalah kombinasi antara asuransi jiwa dan investasi. Pemegang polis membayar premi untuk mendapatkan perlindungan jiwa serta investasi dalam dana investasi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dana investasi ini dapat berinvestasi dalam berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, atau pasar uang.

Nilai investasi akan bergantung pada kinerja dana investasi tersebut. Asuransi unit link memberikan fleksibilitas kepada pemegang polis untuk memilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko mereka.

2. Asuransi Tabungan:
Beberapa perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi tabungan yang berfungsi sebagai instrumen investasi jangka panjang. Pemegang polis membayar premi selama periode tertentu dan pada akhir periode tersebut, mereka akan menerima sejumlah uang yang dijamin, baik berupa nilai tunai atau manfaat yang telah ditentukan sebelumnya. Asuransi tabungan dapat memberikan perlindungan finansial sambil membangun nilai kas yang dapat diakses di masa depan.

3. Asuransi Dana Pensiun:
Asuransi dana pensiun dirancang khusus untuk membantu seseorang mempersiapkan masa pensiun. Pemegang polis membayar premi selama periode tertentu atau secara berkala. Setelah mencapai usia pensiun atau pada saat ditentukan, pemegang polis akan menerima manfaat pensiun yang dapat berupa pembayaran seumur hidup atau sejumlah besar uang. Asuransi dana pensiun memberikan perlindungan finansial di masa pensiun sambil memungkinkan pertumbuhan nilai investasi.

RUANG LINGKUP ASURANSI

Secara garis besar ruang lingkup menurut UU no. 40 Tahun 2014 asuransi dibagi menjadi 3 bagian besar yaitu:

1. Usaha Asuransi Umum adalah usaha jasa pertanggungan risiko yang memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti.

2. Usaha Asuransi Jiwa adalah usaha yang menyelenggarakan jasa penanggulangan risiko yang memberikan pembayaran kepada pemegang polis, tertanggung, atau pihak lain yang berhak dalam hal tertanggung meninggal dunia atau tetap hidup, atau pembayaran lain kepada pemegang polis, tertanggung, atau pihak lain yang berhak pada waktu tertentu yang diatur dalam perjanjian, yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

3. Usaha Reasuransi adalah usaha jasa pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi, perusahaan penjaminan, atau perusahaan reasuransi lainnya.

KESIMPULAN

Asuransi sebagai investasi sering kali memberikan fleksibilitas bagi pemegang polis dalam hal premi yang dibayarkan, alokasi investasi, dan penarikan dana. Pemegang polis dapat menyesuaikan premi mereka sesuai dengan kemampuan keuangan mereka. Mereka juga dapat memilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko mereka.

Selain itu, sebagian besar produk asuransi juga menyediakan fasilitas penarikan dana sebagian atau seluruhnya jika diperlukan. Namun, penting untuk diingat bahwa investasi dalam asuransi tidak bebas risiko. Nilai investasi dapat naik atau turun tergantung pada kinerja pasar, dan biaya administrasi dan asuransi juga dapat mempengaruhi kinerja investasi.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan asuransi sebagai opsi investasi, selalu mencari informasi atau melakukan riset dan konsultasikan dengan penasihat keuangan atau agen asuransi yang terpercaya.