banner podcast

Menuju Pemerintah Digital, dengan Layanan Digital di Kota Malang

  • Bagikan
Menuju Pemerintah Digital, dengan Layanan Digital di Kota Malang
FOTO: Ilustrasi digital
Banner Iklan

OLEH: Dyta Aprodhita Dwiananda.
Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Universitas Muhammadiyah Malang

_____________________________

LIMADETIK.com – Di era seperti ini era globalisasi teknologi semakin berkembang pesat, hampir semua kalangan masyarakat menggunakan teknologi mulai dari smartphone maupun pengguna komputer. Hal ini sudah tidak awam lagi bagi masyarakat di Indonesia, dengan teknologi ini tidak hanya digunakan sebatas untuk bekerja saja maupun berkomunikasi namun dapat digunakan untuk manfaat-manfaat lainnya. Dengan menggunakan teknologi yang sekarang canggih ini kita bisa mengakses
apa saja yang kita mau, dapat menjelajah dunia dan dapat mencari informasi yang kita inginkan
hanya menggunakan sentuhan tangan saja.

Di dunia pemerintahan pun sekarang sudah mulai merambah ke teknologi digital dalam pelayanannya karena tren ini sudah mulai berkembang, dan sudah banyak instansi – instansi pemerintahan yang sudah mulai memberikan pelayanan publik menggunakan teknologi ini bahkan saling berlomba – lomba dalam memberikan pelayanan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Memanfaatkan kecanggihan teknologi ini juga sesuai dengan peraturan pemerintah yang diatur dalam Peraturan Presiden RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE sendiri yaitu suatu sistem di pemerintahan dengan dasar elektronika dan dimanfaatkan oleh pemerintah guna meningkatkan dalam pelayanannya.

Dengan diberlakukannya SPBE ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta berkualitas dan terpercaya. Dan diberlakukannya SPBE ini juga perlu beberapa faktor untuk menunjang keberhasilannya mulai dari ketersediaan sistem yang terpadu, sumber daya manusia yang berintegritas sesuai dengan bidangnya, dan yang terakhir yaitu dilakukannya secara berkesinambungan. Dengan penerapan SPBE ini diharapkan dapat meningkatkan dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi yang ada di pemerintahan.

Di kota Malang sendiri, pemerintah sudah menyiapkan inovasi untuk menunjang pelayanan dalam melayani masyarakat diantaranya mulai dari Simbahe, e-parking, siapel danE- SPPT. Aplikasi tersebut diluncurkan oleh Dinas Kepemudaan dan Pariwisata Kota Malang. Yang masing-masing dapat mempermudah dalam pelayanan masyarakat di kota Malang, gunanya yaitu dapat mencegah jika terjadinya kebocoran pendapatan daerah karena masyarakat dapat membayar uji kir atau dikenal dengan uji kelaikan kendaraan bermotor secara online.

Menkominfo sendiri juga sudah menyatakan bahwa SPBE ini dilaksanakan secara terintegrasi oleh Menteri PAN RB, Menteri PPN/Bappenas, Menteri keuangan, Menteri dalam negeri dan Menteri Kominfo Layanan digital saat ini juga mengedepankan pelayanan di masa pandemi ini, di pemerintahan birokrasi menciptakan upaya dalam pelaksanaan administrasi dalam pelayanan publik, guna untuk memberikan kemudahan bagi setiap masyarakat untuk mengakses setiap layanan maupun perundingan yang dibutuhkan.

Sebab, pandemi ini membuat pelayanan menjadi terganggu disatu sisi setiap masyarakat berhak mengakses atau mendapatkan suatu layanan tetapi di sisi lain aktivitas di pemerintahan dapat menambah eskalasi pemaparan virus ini semakin tinggi. Dan konsep layanan digital ini berkonsep atau berpacu pada e-government, dalam hal ini upaya pemerintah dalam pelayanan kinerjanya agar dapat menjalin hubungan dengan public maupun swasta secara lebih baik.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.