Merasa Banyak Ketimpangan, Himpass Gelar Audiensi bersama Disdukcapil Sumenep

Merasa Banyak Ketimpangan, Himpass Gelar Audiensi bersama Disdukcapil Sumenep
FOTO: Pegawai Disdukcapil saat memberikan penjelasan dalam audiensi bersama Himpass

SUMENEP, Limadetik.com – Merasa banyak ketimpangan dalam pelayanan Capil di Kecamatan Sapeken, puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenp (Himpass) memutuskan untuk mengadakan audiensi bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021).

Acara yang berlangsung di Aula Disdukcapil Sumenep tersebut berlangsung cukup sederhana dengan materi audiensi buruknya pelayanan petugas Capil Kecamatan Sapeken. Piihak Himpass bahkan meminta agar operator Siak Capil segera dicopot dari jabatannya.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Himpass, Sahrul Hubairi meminta kepada pihak Disdukcapil Kabupaten Sumenep agar segera melakukan evaluasi sekaligus perombakan terkait pelayanan capil khususnya operator aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Kecamatan Sapeken.

Baca juga:
Puluhan Mahasiswa Himpass Datangi Kantor Disdukcapil Sumenep, Ini Hasilnya
Mahasiswa Sebut Kadinsos Sumenep Kabur Saat Hendak Diminta Tanda Tangan Pernyataan

Menurut Sahrul, dari beberapa tuntutan yang telah disampaikan Himpass, pihak Disdukcapil mengatakan siap untuk melakukan evaluasi dan menindak tegas kinerja petugas Capil di Kecamatan Sapeken yang selama mendapat penilaian buruk dari masyarakat kepilauan.

“Alhamdulillah hasil diskusi bersama Disdukcapil Sumenep mendapat respon positif. Apa yang menjadi uneg-uneg masyarakat kepulauan selama ini semua sudah kami sampaikan. Kami akan menunggu keseriusan dari Disdukcapil dalam melakukan evaluasi petugas yang ada di Kecamatan Sapeken” katanya menjelaskan.

Menanggapi permintaan dan informasi dari Himpass, Kadisdukcapil Sumenep melalui Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) R Abd Basid, secara tegas mengatakan bahwa tuntutan yang disampaikan oleh, Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken (HIMPASS) merupakan informasi dan evaluasi pihaknya untuk perbaikan pelayanan ditingkat Kecamatan, yang harus ditindaklanjuti oleh Disdukcapil.

Baca juga:
Banyak Oknum Dinilai Bermain, Mahasiswa Unjuk Rasa Dinsos Sumenep
Himpass Berkomitmen akan Gelar Audiensi Bersama Disdukcapil Sumenep

“Perbaikan pelayanan akan segara mendapatkan solusi, dengan percepatan pelayanan di Kecamatan Sapeken, termasuk inovasi Disdukcapil yang sudah kami paparkan kepada Mahasiswa agar Masyarakat bebas memilih pelayanan” tuturnya.

Sementara terkait dengan tuntutan tentang pesonel yang kurang memenuhi etika, pihaknya akan melakukan pembinaan dengan memanggil petugas yang bersangkutan, sekaligus melakukan perubahan mindset dengan mengedepankan pelayanan.

“Dalam waktu dekat, kami akan panggil petugas di kecamatan Sapeken, biar ada pembinaan lebih lanjut” terangnya.

Dikatakan Basid, evaluasi yang dilakukan Himpass tersebut, merupakan tindakan yang benar, sebagai check and balances (Pengawasan dan kesimbangan) antara yang melayani dan diberi pelayanan, oleh karena itu pertemuan ini sangat baik untuk kami tindak ditindaklanjuti.

(jrl/yd)