Tak Berkategori  

Multikultural Budaya Global di Indonesia

Avatar of news.Limadetik
Multikultural Budaya Global di Indonesia
FOTO: Amin Nur Ikhwan

OLEH : Amin Nur Ikhwan
NIM : 216406070002
PRODI: Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

____________________________

PENGANTAR

NEWS.LIMADETIK.COM – Dengan mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat limpahan karunianya yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, penulis dapat menyelesaikan tugas penulisan Opini yang berjudul “Multikultural Budaya Global Di Indonesia”

PENDAHULUAN

Kali ini saya akan memberikan pendapat saya tentang multikultural global di Indonesia. Masyarakat Indonesia adalah bangsa multikultural karena masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, budaya dan agama. Kebenaran dari pernyataan ini dapat dilihat dari sosiokultural maupun geografis yang begitu beragam dan luas. Sekarang ini, jumlah pulau yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekitar 13.000 pulau besar dan kecil.

Populasi penduduknya berjumlah lebih dari 200 juta jiwa, terdiri dari 300 suku yang menggunakan hampir 200 bahasa yang berbeda. Selain itu mereka juga menganut agama dan kepercayaan yang beragam seperti Islam, Katholik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, Konghucu serta berbagai macam aliran kepercayaan.

PROBLEMATIKA

Banyaknya perbedaan pendapat sehinga menyebabkan konflik antar kelompok agama, ras, dan golongan.

PEMBAHASAN

Konflik antar budaya atau suku, agama, ras, dan antar golongan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kurang pahamnya masyarakat terhadap bagaimana cara untuk berbicara secara terbuka tentang ras, budaya, agama, dan sebagainya dengan anggota dari peradaban lainnya.

SOLUSI

Untuk menghindari konflik dalam multikultural Indonesia maka kita perlu menghormati pendapat orang lain meskipun setuju maupun tidak, toleransi dan saling memahami satu sama lain, dan musyawarah secara terbuka.

KESIMPULAN

Dengan cara kita menghargai dan menghormati serta musyawarah dengan baik maka multikultural lokal masyarakat Indonesia akan terus terjaga dengan baik.