Opini  

Multikultural Budaya Global di Kabupaten Pasuruan

Avatar of news.Limadetik
Multikultural Budaya Global di Kabupaten Pasuruan
FOTO: Amin Nur Ikhwan
Banner Iklan

Oleh : Amin Nur Ikhwan
NIM : 216406070002
Prodi : Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

________________________

PENGANTAR

OPINI – Dengan mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat limpahan karunianya yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, penulis dapat menyelesaikan tugas penulisan Opini yang berjudul Multikultural Budaya Global di Kabupaten Pasuruan.

PENDAHULUAN

Kali ini saya akan memberikan pendapat saya tentang multikultural global di Kabupaten Pasuruan. Masyarakat Kabupaten Pasuruan adalah bangsa multikultural karena masyarakatnya terdiri dari beragam bahasa dan agama. Kabupaten Pauruan terdiri dari masyarakat jawa dan madura sehingga terdapat dua bahasa lokal yaitu bahasa jawa dan bahasa madura.

PROBLEMATIKA

Banyaknya problematika karena kesalah pahaman bahasa.

PEMBAHASAN

Banyak masyarakat jawa yang kurang memahami bahasa Madura sehingga sering terjadi kesalah pahaman yang membuat terjadinya perselisihan.

SOLUSI

Untuk menghindari perselisihan maka kita perlu Perlu belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga tidak lagi ada kesalah pahaman bahasa. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan Indonesia yang mampu menyatukan bahasa dari berbagai bahasa daerah di Indonesia.

KESIMPULAN

Dengan menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar maka masyarakat Kabupaten Pasuruan akan terhindar dari kesalah pahaman sehingga kerukunan antar masyarakat akan terus terjaga dengan baik.