Opini  

Multikultural Budaya Global

Avatar of news.Limadetik
Multikultural Budaya Global
FOTO : Farid Ferdiansyah

Oleh : Farid Ferdiansyah
NIM : 190406030017
Prodi: Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

____________________________

OPINI – Multikultural dapat dipahami sebagai pandangan dimana dikenal dengan ragam kehidupan dunia dan juga kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan terhadap banyak keragaman dan berbagai macam kebudayaan yang ada dalam masyarakat. Masyarakat multikultural menganggap bahwa sejumlah perbedaan yang ada dalam satu masyarakat plural dan heterogen tersebut merupakan bagian dari identitasnya. Konsep multikultural mengakui adanya perbedaan-perbedaan dalam identitas yang juga berbeda.

Di era saat ini dimana kecanggihan teknologi membuat tidak ada jarak lagi antar negara yang satu dengan negara lainnya. Hal ini memungkinkan adanya saling pengaruh termasuk di dalam hal budaya. Budaya dari negara lain akan dengan mudah masuk dan mempengaruhi budaya kita sendiri. Tidak semua budaya dari luar cocok dan baik untuk kita.

Di sini diperlukan filter untuk menyaring budaya mana saja yang sesuai dengan identitas diri kita dan budaya mana yang harus kita jauhi karena tidak cocok dan tidak sesuai dengan budaya kita. Indonesia memiliki pancasila sebagai ideologi bangsa dan dimana pancasila sebagai filter telah berkontribusi besar terhadap keberlangsungan hidup bangsa.

Oleh karenanya, pancasila diharapkan mampu menjadi filter yang sekaligus menyaring budaya global dari luar yang sesuai dan tidak sesuai dengan budaya kita.

Masuknya budaya global dari luar tidak dapat kita hindari, tetapi harus kita sikapi dengan cara meyaring dan memfilter budaya global yang masuk. Budaya global yang sesuai dengan budaya kita dapat kita terapkan di kehidupan kita, sementara budaya global yang tidak sesuai dengan budaya kita, sudah seharusnya kita tinggalkan.

Indonesia memiliki pancasila sebagai ideologi bangsa dan dimana pancasila sebagai filter telah berkontribusi besar terhadap keberlangsungan hidup bangsa. Oleh karenanya, pancasila diharapkan mampu menjadi filter yang sekaligus menyaring budaya global dari luar yang sesuai dan tidak sesuai dengan budaya kita.