Opini  

Multikultural Budaya Lokal

Avatar of news.Limadetik
Multikultural Budaya Lokal
FOTO: Nurokhim

Oleh : Nurokhim
NIM :190406030047
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

____________________________

Kata Pengantar
OPINI – Tak ada kata yang indah yang terucap dari seorang hamba terhadap khaliknya melainkan puja puji syukur kehadirat Allah SWT sehingga saya bisa menyelesaikan opini yang memiliki sub tema multicultural budaya lokal.

Tujuan dibuatnya opini ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah jatidiri Kanjuruan program studi manajemen oleh karena itu saya menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaiki opini ini akhir kata saya berharap opini ini dapat bermanfaat bagi pembaca

Pendahuluan
Multikultural adalah keberagaman budaya yang menggambarkan kesatuan berbagai kelompok social,budayaan,dan suku bangsa yang berbeda dalam suatu negara ,Masyarakat Indonesia terdiri dariberagam suku bangsa,budaya dan agama,keragama budaya tersebut menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang multicultural.

Mulltikultural berasal dari kata multi yang berarti banyak dan kultural berarti budaya istilah multicultural juga sering digunakan untuk menggambarkan kesatuan barbagai etnis masyarakat yang berbeda dalam suatu Negara masyarakat multicultural mengusung konsep multikulturalisme yaitu sebuah paham yang menekankan pada kesederajatan dan kesetaraan berbagai budaya local tanpa mengabaikan hak hak dan eksistensi budaya lain.

Problematika
Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap budaya local minimya komunikasi tentang budaya sehinngga kurangnya pembelajaran budaya sehingga dampaknya remaja Indonesia kehilangan jati diri sebagai rakyat Indonesia yang memegang teguh budaya Indinesia.

Pembahasan
Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya kekayaan budaya di Indonesia terjadi karena Indonesia termasuk salah satu Negara yang luas dan memilki banyak suksu bangsa. Dengan demikian terdapat banyak bahasa adat istiadat, tarian daerah, lagu daerah, rumah adat, dan warisan budaya lainyan.

Kehadiran globalisai memberikan dampakpositif dalam perkembangan budaya lokal. Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sangat luasdan dapat mendorong masyarakat untuk berfikir lebih maju, globalisai juga menhadirkan pertukaran budaya asing dapatmasuk dengan mudah kesuatu Negara dengan begitu budaya suatunegara dapat terserap dan dipelajari dengan mudah di Negara.

Meskipun globalisai memberikan pengaruh positif tetap ada pula dampak negatifnya antara lain terancam lunturnya nilanya budaya lokal masyarakat buday masyarakat lebih tertarik untuk menyerap budaya asing yang masuk dan menerapkanya di dalam kehidupan sehari hari budya asing diangap lebiih modern dan menyenangkan daripada budya lokal.

Solusi
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya local di era globalisasi salah satunya dengan menanamkan sejak dini rasa cinta dan bangga terhadap kebudayaan lokal masyarakat perlu mempelajari sejara dan nilai nilai kebudayaan agar menyadari pentingnya kebudayaan lokal selain itu festival budaya harus sering diselenggaraka untuk mendorong masyarakat agar sadar betapa indahnya kekayaan budaya Indonesia.

Menanamkan dalam diri sikap toleransi dan saling menghormati antar susku,umat dan antar manusia

Kesimpulan
Multicultural budaya lokal merupakan warisan dari nenek moyang yang harus kita lestarikan sebagai generasi muda meskipun banyak dari generasi kita yang lebih menyukai budaya asing karna dianggap lebih keren tapi kita harus tetap menjaga dan melestarikan supaya budaya lokal tetap bisa dnikmati oleh generasi setelah kita