Opini  

Multikultural Budaya Lokal

Avatar of news.Limadetik
Multikultural Budaya Lokal
FOTO: Erik Dwi Oktavian

OLEH : Erik Dwi Oktavian
Prodi : Akutansi
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Pengantar

NEWS.LIMADETIK.COM – Multikultural adalah keberagaman budaya yang menggambarkan kesatuan berbagai kelompok sosial, kebudayaan, dan suku bangsa yang berbeda dalam suatu negara. Masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, dan agama. Keragaman budaya tersebut menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang multikultural.

Multikultural berasal dari kata “multi” yang berarti “banyak”, dan “kultural” berarti budaya. Multikultural adalah sebuah filosofi yang ditafsirkan sebagai ideologi yang menghendaki adanya persatuan dari berbagai kelompok kebudayaan dengan hak dan status sosial politik yang sama dalam masyarakat modern. Definisi tersebut bersumber dari Dr. Sutiah, M.Pd. dalam buku Pendidikan Agama Islam di Desa Multikultural.

Pendahuluan

Nilai-Nilai Multikultural
Achmad Yusuf dalam Pesantren Multikultural menjelaskan bahwa terdapat tiga nilai multikultural, yaitu :

1. Demokratis
Demokratis adalah cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. Demokratis merupakan kata sifat demokrasi. Warga negara yang demokratis adalah warga negara yang memiliki perilaku hidup yang baik dalam kehidupan pribadi maupun kenegaraan dengan memegang nilai-nilai demokrasi.

Hubungan multikultural dan demokratis dapat dilihat pada Universal Declaration on Cultural Diversity oleh UNESCO. Deklarasi tersebut menyatakan bahwa hanya ketika keragaman kultural berada dalam konteks keseimbangan dengan kohesi sosial, maka kita dapat mencapai jalan menuju partisipasi demokratis dan hidup berdampingan secara damai.

2. Pluralisme
Pluralisme adalah paham atau ideologi yang menerima keberagaman sebagai nilai positif dan keragaman itu merupakan sesuatu yang empiris. Menurut Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd., dalam sosiologi, pluralisme merupakan konsep pemahaman tentang kehidupan majemuk (plural) yang harus diatur sedemikian rupa untuk menciptakan suasana saling menghargai dan menghorPluralisme juga dapat diartikan sebagai keberadaan atau toleransi keragaman etnik atau kelompok-kelompok kultural dalam suatu masyarakat.mati guna menghindari konflik.

Pluralisme juga dapat diartikan sebagai keberadaan atau toleransi keragaman etnik atau kelompok-kelompok kultural dalam suatu masyarakat.

3. Humanisme
Humanisme berarti martabat dan nilai dari setiap manusia, serta semua upaya untuk meningkatkan kemampuan alamiahnya secara penuh. Berdasarkan buku Gerakan Theosofi di Indonesia, tujuan inti humanisme adalah menghamba pada kemanusiaan.

Penerapan humanisme dalam masyarakat multikultural dapat dilakukan oleh berbagai lembaga baik di sekolah-sekolah negeri dan swasta, di lingkungan keluarga dan masyarakat, di lembaga pendidikan agama, di berbagai aktivitas bisnis, dan lainnya

Permasalahan

1. Mempelajari dan menerapkan demokratis supaya tercipta masyararakat yang demokratis agar mencapai jalan menuju partisipasi demokratis dan hidup berdampingan secara damai.

2. Mempelajari puralisme agar tercipta saling menghargai dan menghormati supaya tidak terjadi konflik.

Solusi

Kita harus meningkat kan sdm kita tentang multikultural terutama pada nilai nilai multikultural yaitu demokratis dan pluralisme supaya bisa menghidupkan kehidupan yang saling menghargai dan menghormati, terhindar dari konflik karena perbedaan budaya dan agama.

Jika kita sudah mempelajari dan meningkatkan sdm kita tentang multikultural baru kita bisa menerapkan nya dan tercipta kehidupan berdampingan dengan damai. Memang kita harus menjaga budaya kita jika ada suatu orang atau golongan datang dengan budaya dan agama berbeda kita hormati dan menghargai nya tanpa memusuhui nya dan tercipta la kehidupan yang damai.

Sebaliknya juga begitu jika kita datang di tempat dengan beda budaya dan agama nya kita saling menghargai dan menghormati tidak merusak budaya dan agama yang kita datangi lalu bisa kita hidup dan bergaul secara damai tehindar dari konflik.

Kesimpulan
Manfaat Masyarakat Multikultural.

Manfaat masyarakat multikultural adalah sebagai berikut:

1. Melalui hubungan yang harmonis antar masyarakat dapat digali kearifan budaya yang dimiliki oleh setiap budaya.

2. Munculnya rasa penghargaan terhadap budaya lain sehingga muncul sikap toleransi yang merupakan syarat utama dari masyarakat multikultural.

3. Merupakan benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya kapital yang cenderung melumpuhkan budaya yang beragam.

4. Multikulturalisme merupakan alat untuk membina dunia yang aman dan sejahtera. Dengan multikulturalisme, bangsa-bangsa dapat saling menghargai dan membantu untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.