Opini  

Multikultural di Era Digital

Avatar of news.Limadetik
Multikultural di Era Digital
FOTO: Choirul Anam

OLEH : Choirul Anam
NIM : 190406030052
Prodi: Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

____________________________

Pengantar
NEWS.LIMADETIK.COM – Multikultural adalah keberagaman budaya yang menggambarkan kesatuan berbagai kelompok sosial, kebudayaan, dan suku bangsa yang berbeda dalam suatu negara. Multikultural di era digital memudahkan setiap orang dari untuk mempelajari budaya dan adat istiadat suku bangsa yang ada di dunia dengan mudah dan tanpa harus datang ke pusat kebudayaan tersebut.

Dampak kemajuan era digital akan mempengaruhi pola pikir dan tatanan masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, dan agama. Kemajuan era digital tersebut menjadikan tantangan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang multikultural.

Pendahuluan
Keanekaragaman adat istiadat, suku bangsa, bahasa, merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Keanekaragaman bangsa Indonesia ini merupakan alat pemersatu bangsa Indonesia yang bersemboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Seharusnya dengan kemajuaan era digital dijadikan sarana untuk memperkenalkan keanekaraaman budaya bangsa Indonesia ke mancanegara..

Problematik
Pengaruh multikultural di era digital sangat terlihat jelas pada penyerapan unsur-unsur budaya, gaya hidup, tatanan masyarakat dengan frontal, terutama pada generasi muda penerus bangsa Indonesia.

Pembahasan:
Multikultural di era digital berdasarkan tatanan leluhur akan menambah wawasan keanekaragaman kebudayaan mancanegara dengan tidak meninggalkan keanekaragaman budaya yang telah ada.

Solusi
Pemahaman dan penerapan nilai-nilai multikultural yaitu demokratis dan pluralism, dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga pengetahuan multikultural di era digital akan menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghargai kemajemukan budaya, baik budaya lokal maupun mancanegara.

Kesimpulan
Multikultural di era digital harus berjalaan selaras dengan peningkatan sumberdaya manusia bangsa Indonesia dalam pemahaman budaya dan istiadat yang ada di Indonesia maupun mancanegara.