Multikultural di Era Digital

Avatar of news.Limadetik
Multikultural di Era Digital
FOTO: Slamet Santoso

OLEH : Slamet Santoso
NIM : 190406030054
Prodi: Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

____________________________

Pengantar

LIMADETIK.COM – Multikultiral di era digital memiliki dampak positif untuk pemuda bahkan sampai ada istilah dunia dalam genggaman ramai di perbincangkan Karena dengan adanya media digital semakin dapat mengenal adat budaya nasional dan internasional.

Pendahuluan

Indonesia di kenal banyak suku dan budaya yang berbeda dimana rakyat indonesia mempunyai perbedaan adat budaya namun tetap satu yaitu Indonesia sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika dalam Persatuan Indonesia.

Sebagaimana dijelaskan bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang beraneka ragam namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan yaitu indonesia.

Problematik

Masalah yang ada saat ini yaitu semakin menipisnya adat budaya karena dampak masuknya budaya asing yang modern sehingga dapat mempengaruhi kearifan budaya yang ada di indonesia di tambah lagi kurangnya pemahaman tentang kebebasan berekpresi sehingga kadang dapat tersulut isu sara.

Pembahasan
Multikultural di era digital dapat mempermudah jalinan komunikasi walaupun beda adat suku dan budaya.

Solusi

Untuk persatuan dan kesatuan bangsa maka pengguna media komunikasi digital tidak boleh mudah terpengaruh gaya asing yang fulgar kasar dan kurang bagus sebaiknya ambil sisi baiknya saling menghargai dan menghormati tetap menjaga kesopanan untuk kebaikan bersama.

Kesimpulan

Multikultural di era digital dapat saling mengenal suku adat budaya dan dapat saling memahami antara adat budaya untuk masyarakat pada umumnya