Opini  

Multikultural di Era Generasi Milenial, Asimilasi dan Akulturasi Budaya Barat dalam Kehidupan Bermasyarakat Generasi Milenial

Avatar of news.Limadetik
Multikultural di Era Generasi Milenial, Asimilasi dan Akulturasi Budaya Barat dalam Kehidupan Bermasyarakat Generasi Milenial
FOTO: Choirul Anam

OLEH : Choirul Anam
NIM : 190406030052
Prodi: Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

_________________________________

Pengantar:
NEWS.LIMADETIK.COM – Di era digital memudahkan setiap orang dari berbagai kalangan, umur, status dalam ruang lingkup satu negara atau mancanegara untuk berkomunikasi. Dengan memiliki tradisi berbeda memiliki akses sangat mudah untuk bertegur sapa, berbagi atau bertukar pandangan dengan fleksibel.

Hal ini menarik karena akan ada proses Asimilasi Budaya atau Akulturasi Budaya yang pastinya akan berpengaruh pada pola pikir generasi milenial.

Pendahuluan:
Pembangunan berbagai sektor di negara kita tercinta Indonesia sangat membaggakan. Akan tetapi dengan kemudahan akses dan perkembangan teknologi digital tanpa kita sadari ada pengaruh perubahan tanggapan generasi milenal, yakni cenderung suka budaya barat, yang dianggap lebih maju atau beradab.

Problematik:
Pengaruh kemajuan teknologi digital sangat terlihat jelas pada pergeseran budaya, gaya hidup, tatanan generasi milenial sedikit demi sedikit telah meninggalkan tatanan budaya timur atau warisan budaya leluhur.

Pembahasan:
Multikultural di era generasi milenial akan pengaruh negatif budaya barat harus dijadikan permasalahan bersama dan harus ditanggulangi secara bersama-sama semua lapisan masyarakat agar budaya positif baratlah yang terserap oleh generasi milenial.

Solusi:
Peran orang tua, pendidik, cendekiawan, pemimpin bangsa Indonesia sangat penting membimbing pola pikir generasi milenial dalam menyerap dan memilah mana kebudayaan baik dalam proses asimilasi dan akulturasi.

Kesimpulan
Multikultural di era generasi milenial harus dibarengi pendidikan moral dengan porsi yang lebih, baik dikeluarga maupun didunia pendidikan agar menjadi tameng dari pengaruh negatif budaya barat barat.

Penulis: Choirul AnamEditor: Wahyu