Opini  

Multikultural Ditengah Budaya KPOP

Avatar of news.Limadetik
Multikultural Ditengah Budaya KPOP
FOTO: Suyitno

OLEH : Suyitno
Prodi : Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

________________________________

Pengantar
LIMADETIK.COM – Korean pop atau biasa dikenal KPOP merupakan budaya asing yang ramai digandrungi anak muda dan orang dewasa zaman sekarang. Bukan hanya cara berpakaian dan tatanan rambut yang menarik minat, akan tetapi grup band Korea juga ramai dibicarakan karena alunan musik dan koreografi yang selaras, seperti BTS, Black Pink, Secret Number dan lainnya.

Pendahuluan
Seiring berkembangnya teknologi saat ini kita dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Bahkan berkembangnya teknologi membuat berita yang semula didapat dari koran kini dapat dengan mudah diakses dengan sekali klik. Banyaknya kemudahan dan sumber informasi yang didapatkan dari perkembangan teknologi juga memudahkan masuknya budaya dan informasi dari manca negara dengan mudah.

Problematika
Namun, tak dapat dipungkiri masuknya budaya asing lewat kegemaran seseorang khususnya para remaja akan adanya KPOP membawa dampak buruk bagi kehidupan budaya. Kita dapat ambil dari salah satunya yakni cara berpakaian. Perbedaan gaya berpakaian orang Indonesia dengan korea yang berbeda menjadikan pro dan kontro atas masuknya budaya asing.

Pembahasan
Era digital pada setiap orang sudah terbilang biasa, dengan adanya perkembangan teknologi yang memudahkan dalam mengakses banyak hal seharusnya dapat memberikan dampak positif dalam penggunaan dan penerapannya. Multikultural pada masa ini seharusnya dapat membantu dalam mengembangkan serta menguatkan dalam bhineka tunggal ika.

Solusi
Perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan masyarakat untuk lebih pintar dalam memilah dan memilih budaya asing yang masuk. Bertujuan untuk menjaga atau melestarikan budaya indonesia yang ada dengan tetap menjunjung tinggi kebudayaan baik dalam kehidupan.

Kesimpulan
Pada era digital dengan segudang informasi yang keluar masuk dengan berbagai wawasan menjadikan masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan teknologi. Terlebih pada multikulkural di tengah maraknya KPOP saat ini yang banyak digandrungi masyarakat, mejadikan kita sebagai pengonsumsi media untuk ekstra teliti dalam menerima informasi.