Musrenbang Nagari Padang Toboh Ulakan Terkait Pembangunan Desa Tahun 2022

Musrenbang Nagari Padang Toboh Ulakan Terkait Pembangunan Desa Tahun 2022
FOTO: Kegiatan Musrebang

OLEH : Mardianis Saputri
Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Malang

LIMADETIK.com – Perencanaan desa adalah serangkaian usaha yang dilakukan oleh penduduk desa dari berbagai lapisan masyarakat dengan tujuan untuk merencanakan pembangunan desa baik perencanaan jangka panjang maupun jangka pendek melalui musyawarah desa.

Musrenbang sendiri merupakan forum musyawarah warga desa yang dilaksanakan untuk membahas masalah maupun potensi desa untuk memberikan arah yang jelas dalam pelaksanaan pembangunan maupun untuk mengatasi masalah dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh suatu desa.

Musrenbang sendiri di Nagari Padang Toboh Ulakan menjadi agenda rutin tahunan. Musrenbang ini dilakukan setiap setahun sekali, yang biasanya dilakukan diantara bulan Agustus sampai Oktober. Sebelum diadakannya musrenbang di Nagari Padang Toboh Ulakan dibentuk terlebih dahulu tim RKP oleh Wali Nagari dengan menerbitkan SK penetapan tim RKP.

Setelah itu Tim RKP melakukan diskusi bersama dengan wali korong ditiap masing-masing korong di Nagari Padang Toboh Ulakan. Wali korong melakukan musyawarah dengan masyarakatnya terlebih dahulu terkait dengan permasalahan yang ada di korong masing-masing terkait dengan usulan prioritas korong terutama di bidang pembangunan dan pemberdayaan.

“Setelah diadakannya musyawarah Korong, Wali Korong membuat Proposal kepada Wali Nagari berdasarkan hasil musyawarah yang telah dilakukan. Proposal yang telah diajukan dilakukan verifikasi ke lapangan untuk memverifikasi usulan-usulan yang diajukan tiap korong. Setelah semua tahapan dilakukan baru diadakannya Musrenbang”

Pada tahun ini Musrenbang di Nagari Padang Toboh Ulakan dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2021 yang dilakukan di Kantor Wali Nagari Padang Toboh Ulakan. Menurut Kasie Kesejahteraan, Fitri Yeni, dalam Musrebang Nagari tahun 2022 ini mengundang beberapa pihak yaitu Sekretarais Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Camat Ulakan Tapakih, Wali Nagari Padang Toboh Ulakan beserta perangkatnya, Kepala Sekolah SDN 10 Ulakan Tapakih, Tim verifikasi RKP Nagari,

“Selain itu, dari pihak Posyandu desa, Wali korong, Ketua poka PKK, Pengurus LPM dan karang taruna, pihak Babinsa dan Bhabinkamtibmas, tokoh agama dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.
Dalam Musrenbang (12/10/2021), usulan-usulan dari masing-masing korong dipilah-pilih mana yang lebih menjadi prioritas dengan beberapa pertimbangan”.

Menurut Fitri Yeni, Kasie kesejahteraan Nagari padang toboh ulakan, untuk tahun 2022 Nagari Padang Toboh Ulakan tidak berfokus/mengurangi pembangunan fisik seperti pembangunan permukiman-permukiman dan pembangunan jalan. Prioritas Penggunaan dana desa digunakan untuk penanganan Covid-19, BLT, Padat Karya Tuna Desa (PKTD).

Selain itu, Musrebang (12/10/2021) juga membahas terkait protokol kesehatan yang harus tetap diikuti serta mengingatkan masyarakat akan pentingnya vaksin. Menurut Fitri Yeni, dalam musrenbang di Nagari Padang Toboh ulakan disampaikan anggaran maksimal untuk pembuatan RAB.

Fitri Yeni juga menyampaikan semua yang ditampilkan dalam Musrenbang terdapat anggaran secara keseluruhan atau anggaran maksimal tiap kegiatan atau bidang seperti penyelenggaraan pemerintahan nagari, bidang pembangunan, pemberdayaan, dan pembinaan.