banner podcast

Olahraga Atletik yang Minim Prestasi

  • Bagikan
Olahraga Atletik yang Minim Prestasi
FOTO: Hilmawan Adi Nugroho
Banner Iklan

OLEH: Hilmawan Adi Nugroho
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Olahraga Atletik adalah olahraga yang didalamnya terdapat banyak cabang olahraga antara lain: lari, lompat tinggi, lompat jauh, lempar galah, lempar cakram, Dll.

Olahraga ini sangat banyak menyumbang medali dalam acara-acara olahraga internasional dunia seperti olimpiade dan Asian games. Mengenai hal tersebut masalah yang dialami oleh Negara Indonesia adalah minimnya minat masyarakat dalam menekuni olahraga atletik.

Popularitas olahraga atletik untuk masyarakat Indonesia terbilang cukup minim. Atletik kalah popular dengan sepak bola, voli, basket, dan olahraga-olahraga yang mengedepankan pertandingan pengitungan skor terbanyak. Oleh karena itu prestasi dalam bidang atletik di Negara kita terbilang minim di kancah internasional.

Saat ini atlet atletik Indonesia yang mempunyai potensi ikut ajang olimpiade hanya 1 orang yaitu pelari 100 meter Lalu Muhammad Zohri. Pada kualifikasi untuk berlaga di olimpiade Tokyo, 2020 yang dilangsungkan beberapa hari yang lalu. Lalu Muhammad Zohri berada di posisi nomer 7 dalam kualifkasi tersebut dan berhak untuk mengikuti ajang 4 tahunan tersebut.

Dalam perhitungan perolehan medali pada ajang-ajang seperti Olimpiade dan Asian Games untuk juara umum dengan perolehan medali terbanyak tentunya Negara tersebut dalam bidang atletik sangat berprestasi.

Saat ini ada 16 cabang atletik yang dipertandingkan di olimpiade. Dan sebagian besar juara umum minimal pasti memiliki satu atlet dalam perolehan medali di setiap cabor atletik.

Hal tersebut tentunya dapat dijadikan motivasi oleh PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) dalam melakukan sosialisasi bahwa, olahraga atletik tidak kalah dengan olahraga-olahraga yang popoler di Indonesia.

Untuk menambah minat masyarakat pada olahraga atletik seharunya PASI mengadakan acara-acara yang dapat disaksikan oleh penonton-penonton seluruh indonesia.

Sehingga masyarakat yang menonton mulai memperhitungkan minatnya dalam olahraga atletik dan dapat mengajak anak-anaknya untuk berlatih olahraga atletik.

Yang nantinya akan muncul bibit-bibit juara dunia yang terlahir dalam olahraga atletik Indonesia. Sehingga prestasi Indonesia di ajang olimpiade akan terdongkrak dalam perolehan medalinya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.