Opini  

Pancasila Sebagai Kebudayaan Bangsa

Avatar of news.Limadetik
Pancasila Sebagai Kebudayaan Bangsa
FOTO: Salah satu tarian yang menjadi kebudayaan Indonesia
Banner Iklan

Oleh: Diki Happy Karunia Putri
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

__________________________________

OPINI – Kita ketahui sekarang pasti kita tidak asing lagi jika mendengar kata “PANCASILA”. Menurut sejarah Pancasila adalah berasal dari sebuah rangkaian kata dari bahasa sansekerta yang berarti lima batukarang, yang berarti lima prinsip moral.

Menurut Ahmad Yani, Pancasila adalah sebuah hasil galian Soekarno yang mendalam dari jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia berdasrkan jalan pikirannya soekarno pancasila adalah refleksi kontemplatif warisan sosio-history Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam lima prinsip.

Sementara itu, Kebudayaan lokal merupakan nilai-nilai lokal hasil budi daya masyarakat suatu daerah yang terbantuk secara alami dan diperoleh melalui proses belajar dari waktu ke waktu. Budaya lokal tersebut bisa berupa hasil seni, tradisi, pola pikir, atau hukum adat.

Perlu disadari bahwa indonesia mempunyai beragam bentuk kebudayaan. Keanekaragaman tersebut terbentuk karena adanya beragam wilayah yang banyak. Dan kebudayaan itu menurut saya bisa di sebut juga sebuah jati diri bangsa. Karena di era globalisasi ini, kebudayaan manapun bisa masuk dan sangatlah mempengaruhi moral bangsa ini dalam bentuk berbagai kebudayaan yang baru maka dari itulah pancasila bisa menjadi suatu saringan atau wadah untuk menilai bahwa kebudayaan itu baik, bermanfaat atau lebih banyak bahayanya.

Dari pernyataan tersebut pancasila dan kebudayaan mulai beroperasi, serta akan bergerak mengiringi kebudayaan dan generasi bangsa sebab pancasila adalah kristalisasi kebudayaan bangsa indonesia yang mono pluralitas. Berbeda tapi tetap satu, maksudnya disini adalah walaupun kebudayaan indonesia sangat beragam unik tetapi dengan adanya pancasila dari perbedaan-perbedaan tersebut dapat distukan atau dibawah naungan pancasila agar tidak menimbulkan suatuperpecahan perselisihan yang ditimbulkan oleh kebudayaan.

Saya beri contoh kebudayaan lokal yang memiliki ketertarikan dengan Pancasila Yakni “TARI KUDA LUMPING”.

Tari Kuda Lumping atau yang sering dikenal dengan sebutan Jaran Kepang berasal dari Ponorogo jawa timur, tarian ini menggunakan bambu atau bahan lainnya yang dipotong dan dianyam menyerupai bentuk kuda, ditambah hiasan rambut tiruan dari tali plastik yang digelung atau dikepang, atau sejenisnya. Cat atau kain beraneka warna akan menghias anyaman kuda ini.

Tarian ini memiliki makna yakni menggambarkan semangat kepahlawanan dengan berperang menggunakan pasukan kuda atau yang dinamakan kavaleri. Tarian ini perlambang kekuatan, kegagahan, kegigihan serta aspek-aspek militer lainnya dalam peperangan. Tarian kuda lumping ini atau kebudayaan lokal ini memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai Pancasila.

Nilai – Nilai yang terkandung dalam tarian ini yakni:

• Nilai estetika
• Nilai tradisi
• Nilai sosial
• Serta Nilai Religius

KESIMPULAN :
Pendidikan Pancasila dan kebudayaan adalah Satu Kesatuan. Secara nasional, pendidikan Pancasila dan kebudayaan adalah dua yang tidak dipisahkan karena satu rasa. Keberadaan budaya mempengaruhi sebuah sistem pendidikan. Dimana Pendidikan Akan bergerak dan sejalan dengan budaya yang dianut oleh suatu masyarakat.

Kebudayaan memiliki peranan penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan dapat memberikan dampak yang baik dalam perkembangan pendidikan maupun kemajuan belajar Siswa. Masyarakat Indonesia sangat menjunjung nilai-nilai budaya masyarakatnya yang Berakar dari Pancasila. Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang mana sila-sila Tersebut bersumber dari nilai-nilai budaya Indonesia itu sendiri.

Pengembangan karakter dan budaya bangsa sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional yang bertumpu pada nilai-nilai Pancasila. Dimana pada nilai-nilai tersebut terdapat nilai Kebudayaaan berupa, gagasan, konsep, tata sosial, sistem nilai, perundangan, dan perilaku Yang menunjukan jati diri bangsa Indonesia.