Banner Ucapan Selamat

Pandemi Covid-19, dan Antusias Masyarakat Sumenep Melaksanakan Solat Ied

  • Bagikan
Pandemi Covid-19, dan Antusias Masyarakat Sumenep Melaksanakan Solat Ied
Foto: Suasana solat ied di Masjid Jamik Sumenep
Banner Iklan

SUMENEP, LimaDetik.Com – Solat hari raya idul fitri 1442 H di masjid jamik sumenep nampak terlihat lebih nyaman dan aman kendati masih dalam situasi pandemi covid-19, Kamis (13/5/2021)

Dari pantauan media ini di lapangan, nampak masyarakat yang hendak mengikuti solat ied mulai berdatangan sejak jarum jam berada pada angka 05.00 Wib atau setelah solat subuh. Jamaah yang datang langsung memasuki ruangan masjid.

Tak ayal jamaah pun mulai membludak, namun petugas keamanan yang tergabung dari TNI-Polri, Satpol PP Sumenep terus berusaha melakukan penertiban agar tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Selang 20 menit kemudian hampir semua ruangan atau tempat di depan masjid jamik dan area taman bunga sumenep sudah mulai sesak oleh masyarakat yang hendak melakukan solat ied. Bahkan jaga jarak atau phisical distansing pun tidak lagi diindahkan dan sangat jarang terlihat jamaah yang mengenakan masker karena semangat jamaah solat ied.

Sarnuji, (bukan nama sebenarnya) salah satu jamaah solat ied mengatakan, bahwa masyarakat tidak lagi takut corona, karena mereka merasa aman saat hendak melakukan ibadah dengan keyakinan bahwa semuanya kehendak Allah. Ditambah pada tahun lalu masyarakat tidak ada yang berani melalukan solat ied di masjid karena dilarang pemerintah.

“Kita mau solat, mau menghambakan diri kepada Allah. Karena tahun lalu kita tidak boleh solat idul fitri di masjid, tapi sekarang nampaknya masyarakat sudah mulai tidak terlalu dengan itu (corona). Dan buktinya sekarang jamaah rame tidak harus di jarak jarak duduknya” katanya.

Hal yang sama disampaikan Mas’udi, (bukan nama sebenarnya) warga Kota Sumenep dirinya bersama keluarganya datang ke masjid jamik lebih awal untuk mendapatkan tempat di depan. Namun ternyata jamaah sudah banyak yang terlebih dahulu mendatangi masjid jamik yang ada di tengah Kota Sumenep.

“Hari ini kita kan mau ibadah, mau menambah amal kebaikan kepada Allah semoga kita semua segera keluar dari pandemi covid-19 yang sudah lama membuat masyarakat lumpuh dan terkurung” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan solat ied di Masjid Jamik Sumenep dilaksanakan pada pukul 06.00 Wib dan selesai pada jam 06.25 Wib atau lebih cepat dari masjid masjid lain yang tengah mekaksanakan ibadah solat ied di sumenep.

(yd/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *