Partisipasi Kelompok 90 Gelombang 7 dalam PMM UMM di Panti Asuhan Roudloh Ihsan Kamil

Avatar of news.Limadetik
Partisipasi Kelompok 90 Gelombang 7 dalam PMM UMM di Panti Asuhan Roudloh Ihsan Kamil
FOTO: Kegiatan Mahasiswa PMM UMM di Panti Asuhan

LIMADETIK.COM, MALANG – Pengabdian pada masyarakat oleh mahasiswa atau biasa disebut PMM ini yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dimana kegiatan ini mewajibkan seluruh mahasiswa yang aktif di Universitas Muhammadiyah Malang sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa di masyarakat.

Pelaksanaan PMM ini dilaksanakan mulai dari 22 Agustus – 22 September 2022 Kelompok 90 gelombang 7 melaksanakan kegiatan PMM di panti asuhan Roudloh Ihsan Kamil Jl. Candirawan No.298 Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur.

Dari kelompok 90 ini yang beranggotakan 5 orang telah melakukan pembukaan kegiatan PMM yang berlangsung di aula panti asuhan roudloh ihsan kamil pada Senin (22/08/2022) dihadiri oleh seluruh pengurus panti asuhan serta anak-anak panti asuhan roudloh ihsan kamil.

Program pengabdian masyarakat oleh
mahasiswa ini di damping dan diarahkan oleh dosen pembimbing Murtyas Galuh Danawati, S.Pd.

Tema yang dibawakan oleh kelompok 90 gelombang 7 kali ini “Meningkatkan motivasi anak panti untuk kesadaran pembelajaran dalam membangun generasi muda menjadi lebih baik” yang mana kelompok ini memiliki tujuan agar dapat menemukn potensi diri dari anak-anak panti untuk dapat membentuk kecerdasan dan keterampilan baik keterampilan kinetic jasmani, kecerdasan musik, kecerdasan spasial, dan juga kecerdasan intelektual agar dapat mengembangkan potensi diri merekan sehingga berguna dimasa depan anak-anak panti.

“Pada pembukaan kegitan PMM ini sudah mendapatkan izin dari kepala pengurus Panti Asuhan Roudloh Ihsan Kamil, dan kami disambut hangat oleh pihak panti asuhan” kata Syamsuriansyah Syi’bul Huda, salah satu perwakilan mahasiswa PMM.

Pada saat survei tempat, dirinya dan teman temannya kata Syamsuriansyah diarahkan untuk lebih mengenal adik-adik panti asuhan roudloh ihsan kamil untuk dapat menspesifikan akan kegiatan yang akan dilaksankan di panti asuhan. “Panti asuhan roudloh ihsan kamil ini sangat ramah dalam menyambut kedatangan kami dan terbilang strategis bagi kami untuk
melaksanakan PMM” ucapnya.

Menurut Syam, mereka pun segera berkunjung ke panti asuhan roudloh ihsan kamil untuk meminta izin kegiatan yang akan kelompok ini sampaikan. Pengurus panti asuhan pun sangat antusias pada saat kedatangan pihaknya untuk melakukan kegiatan dan pengelola mempersilahkan.

“Boleh silahkan untuk rekan-rekan melaksanakan kegiatan PMM di panti ini, panti kami sangat menerima dengan baik jika rekan rekan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan di panti ini, kerena juga terdapat beberapa mahasiswa yang juga melaksanakan kegiatan seperti rekan-rekan di panti ini termasuk juga yang berasal dari UMM” katanya.

“Wah, pas sekali pak, kami juga ada beberapa kegiatan yang kami tujukan kepada anak-anak panti” demikian diskusi mahasiswa bersama pengelola panti asuhan.

Perkenalan dengan anak-anak panti pun mulai dilakukan para mahasiswa PMM, dimana anak-anak panti asuhan juga sangat aktif dan bersemangat.

“Dengan diadakannya kegiatan PMM ini, mahasiswa dapat menyalurkan ilmu yang telah didapatkan selama di bangku perkuliahan kepada masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung” tukasnya.

Adapun 5 orang mahasiswa PMM kelompok 90 gelombang 07, masing masing, Syamsuriansyah Syi’bul Huda, Muhammad Yusuf Catur Pamungkas, Satfika Kurnia Sari, Dimas Nur Wahyudi dan Jabir Rizki Kurniawan.