PBIO-UMM Gelar Webinar Series 1: Inspiring Young Muslim Future Leader

Avatar of news.Limadetik
PBIO-UMM Gelar Webinar Series 1: Inspiring Young Muslim Future Leader
FOTO: Ajar Yusrandi, Saat mengungkan catatan sejarahnya yang mengispirasi

LIMADETIK.COM, MALANG – Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (PBIO-UMM) gelar webinar series 1, dengan tema Inspiring Young Muslim Future Leader, pada Sabtu (24/9/2022).

Menurut Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Atok Miftachul Hudha, M.Pd, Associate Profesor di Pendidikan Biologi FKIP UMM, Webinar yang diikuti oleh 360 orang peserta, melalui zoom meet itu, merupakan langkah untuk memberikan inspirasi kepada Siswa, Guru, dan Mahasiswa seluruh Indonesia, terkait bagaimana menjadi pemimpin atau generasi muslim berprestasi.

Pada Webinar Series 1 tersebut, turut menghadirkan Alumni Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM, yang melanjutkan studi (mendapatkan beasiswa) di luar negeri khususnya di Eropa dan Asia.

“Dari Eropa adalah Fadlan Mukhlas Abror M.Pd, alumni yang diterima studi lanjut Doktoral atau Ph.D di Johanes Kepler Universitas Linz, Austria, sedangkan dari Asia adalah Adjar Yusrandi M.Pd, Mahasiswa di Asia University Taiwan. Keduanya adalah alumni dan mahasiswa berprestasi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM,” kata Dr. Atok kepada media ini.

Fadhlan Mukhlas Abror menyampaikan, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM berhasil memberikan bekal yang besar, dalam menentukan kariernya menjadi dosen di Universitas Borneo Tarakan, termasuk mendapatkan beasiswa di Eropa.

Fadhlan juga menilai, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM sejalan dengan visinya, yaitu berdasarkan nilai-nilai Islam, sehingga mampu mendorong generasi muda Islam untuk meningkatkan kualitas diri.

“Generasi muda Islam, harus mampu bersaing dan menginspirasi peradaban yang baik. Generasi muda Islam harus menuntut ilmu seluas-luasnya, bahkan sampai ke Eropa. Dan bekal awalnya bisa dengan menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah Malang.” tuturnya.

Berbanding lurus dengan ungkapan pengalaman Adjar Yusrandi. Menurutnya, menjadi mahasiswa UMM dan akhirnya mendapatkan beasiswa di Asia University Taiwan, butuh proses panjang.

“Seseorang akan sukses bila memiliki leadership yang baik. Leadership akan mendorong seseorang mampu berkolaborasi dengan banyak pihak, tanpa terkecuali. Seperti, UMM mampu berkolaborasi, sehingga menjadi salah satu kampus unggulan.” jelasnya.

Sementara, Zada Alimatul Muazah, peserta webinar, mengatakan kegiatan ini sangat menginspirasi dan patut dicontoh.
“Kegiatan ini, sangat inspiratif. Kedua pemateri yang dihadirkan, telah berhasil menjadi mahasiswa berprestasi. Kita harus bangga, menjadi bagian dari generasi muda Islam yang berkemajuan. Generasi muda Islam harus maju dan menginspirasi dunia.” kata zada, setelah menerima motivasi.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Prof. Dr. Rr. Eko Susetyarini, M.Si menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan yang dipersembahkan untuk ikut menginspirasi generasi muda Indonesia.

“Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, telah menyiapkan beragam kegiatan dan difokuskan untuk memberikan contoh baik kepada khalayak. Bukti bahwa UMM memiliki tanggung jawab untuk memajukan peradaban Islam dan Indonesia.” pungkasnya.

Respon (1)

Komentar ditutup.