PCNU Jakarta Pusat Gelar MKNU Kuatkan Kaderisasi dan Nilai-Nilai Kebangsaan

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Jakarta Pusat secara resmi menggelar program kaderisasi Madrasah Kader Nahdlatul Ulama
FOTO: Ketua PCNU Jakarta Pusat, Gus Syaifuddin dalam acara MKNU

JAKARTA, Limadetik.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Jakarta Pusat secara resmi menggelar program kaderisasi Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) selama dua hari di Hotel Ibis Style Gajah Mada Jakarta Pusat, Jumat-Sabtu (12-13/11).

Dalam sambutannya, Ketua PCNU Jakarta Pusat Gus Syaifuddin menyebut bahwa MKNU adalah perintah Ad dan Art hasil muktamar ke-33 di Jombang tahun 2015. Jadi sebagai pengurus dan kader wajib hukumnya mengikuti kegiatan kaderisasi ini.

“Para ketua dan rais di Ranting, MWC dan PCNU se-Jakarta Pusat syukur Alhamdulillah sudah mengikuti MKNU. Lambat laun, akan kita adakan secara bertahap untuk para anggotanya,” kata Gus Syaifuddin.

Gus Syaifuddin mengatakan MKNU itu seperti Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) yang ada di Pemerintahan Indonesia. Di MKNU akan diisi nilai ke-NU-an dalam hal fikrah (pemikiran), harakah (gerakan), dan amaliah warga Nahdlatul Ulama. Serta nilai-nilai kebangsaan tentang cinta tanah air.

Baca juga: Sekda DKI Jakarta Buka MKNU PCNU Jakarta Pusat

“Karena menjadi warga NU, dalam pemikiran, gerakan, dan amaliah harus sejalan sekata. Karena jika amaliah saja, bisa jadi gerakan dan pemikirannya berbeda. Dan di MKNU ini para peserta akan digembleng materi-materi tentang hal tersebut,” jelas Gus Syaifuddin.

Dihadapan Rais Syuriyah PWNU DKI Jakarta, Gus Syaifuddin menambahkan tantangan menjadi pengurus dan warga NU di Jakarta Pusat sangat tidak mudah, banyak sekali hal yang harus dilalui dan dihadapi.

“Sebagai pengurus NU di tengah ibu kota, saya mengajak kepada para kiai dan asatidz untuk terus semangat menunjukan identitas diri sebagai warga NU dan semangat dalam mensyiarkan NU dengan kegiatan-kegiatan di masjid atau ruang publik lainnya. Dan hal itu harus dimulai dari sekarang, agar NU di Jakarta Pusat ini semakin diketahui oleh orang banyak,” tutup Gus Syaifuddin.

MKNU yang diadakan PCNU Jakarta Pusat ini dihadiri oleh Rais Syuriyah KH Muhyidin Ishaq, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta H Marullah Matali, Walikota Jakarta Pusat H Dhani Sukma, Stafsus Mentri Agama H Isfah, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi dan para warga NU se-Jakarta Pusat.