banner podcast

Pemeriksaan Keuangan Negara Selama Masa Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Pemeriksaan Keuangan Negara Selama Masa Pandemi Covid-19
FOTO: Ilustrasi
Banner Iklan

Oleh : Gamajaya Indra
Akuntansi,FEB
Universitas Muhammadiyah Malang

Tidak terasa pandemi di Indonesia ataupun didunia ini sudah dirasakan kurang lebih nya 2 tahun. Hal ini membuat pemerintah di Indonesia mengalami kerepotan dalam mengatasi perluasan virus Covid-19 ini yang terus menyebar dan terus berevolusi dalam berbagai jenis-jenisnya. Disisi lain pemerintah juga harus memperhatikan keuangan negara yang merosot dan juga pemerintah kewalahan dalam mengendalikan keuangan negara sehingga harus menerima pinjaman – pinjaman dari negara lain.

Hal ini juga membuat tugas auditor BPK RI menjadi sulit dengan melakukan pemeriksaan secara Work Form Home (WFH). Tugas BPK sendiri dalam mandatnya adalah memeriksa pengelolaan dan bertanggung jawab keuangan negara yang dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga negara lainnya, Bank Indonesia, BUMN, BUMD, badan Layanan Umum (BLU), dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.

Dalam kondisi seperti ini membuat para auditor BPK harus melakukan pemeriksaan secara WFH. Cerita tersebut diungkapkan Anggota V BPK RI Bahrullah Akbar dalam seminar dalam jaringan (daring) mengenai seluk-beluk mengawal keuangan negara pada masa pandemi. Ketua Institut Pemeriksa Keuangan Negara ini juga menjelaskan, BPK pun memaksimalkan penggunaan teknologi informasi untuk mengatasi kendala ini (dikutip dari Indonesia.go.id).

Demi mengatasi masalah terkait dengan pandemi ini maka para auditor BPK RI menerapkan prosedur alternatif dan pemanfaatan secara optimal dengan teknologi informasi. Saat kondisi normal pemeriksaan ini dilakukan dengan uji fisik secara langsung tetapi dengan adanya pembatasan menyebabkan pemeriksaan menjadi sedikit terhambat oleh karena itu para auditor BPK RI ini memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi seperti penggunaan aplikasi video konferensi sebagai pengganti wawancara tatap mukanya dan juga drone ataupun google maps live untuk pengganti uji fisik secara langsungnya. Pemanfaatan kemajuan teknologi ini dapat berlangsung terus meskipun sudah kembali dalam kondisi normal karena meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.