banner podcast

Pendampingan Pendataan Warga Desa Jatirejoyoso

  • Bagikan
Pendampingan Pendataan Warga Desa Jatirejoyoso
FOTO: Pendampingan pendataan oleh Mahasiswa KKN UM 2022
Banner Iklan

LIMADETIK.com, Malang – Jatirejoyoso adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa timur. Desa ini memiliki luas lahan sekitar 302,9 Hektar yang sebagian besar lahannya digunakan untuk sektor pertanian.

Hal ini menyebabkan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Pada sektor pertanian tanaman pangan petani sering kali menanam padi dan jagung. Di samping itu, diantara luas lahan desa terdapat tempat wisata Taman Refugia yang kurang terekspos kepada masyarakat luas membuat sepinya pengunjung dari luar desa.

Desa Jatirejoyoso ini memiliki 5 masjid dan puluhan mushallah. Berdasarkan data yang didapatkan, penduduk warga Desa Jatirejoyoso ini 99,9% muslim (hampir 100%).

“Kegiatan sensus penduduk ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan data karakteristik dari suatu populasi dalam kurun waktu tertentu” kata Ary Dwi Pratstickho, koordinator tim KKN UM 2022, Rabu (20/7/2022).

Selain itu kata Dwi, sapaan akrab Arya Dwi Prastickho, sensus penduduk dapat memudahkan pemerintah desa dalam menyusun program-program kependudukan dan sosial. Hal ini karena data hasil sensus penduduk tidak hanya jumlah orang, tetapi juga distribusi dan karakteristik penduduk seperti jenis kelamin, usia, agama, dan demografi yang dianggap perlu. Terlebih lagi, data sensus juga dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan masyarakat.

Kegiatan pendampingan pendataan warga Desa Jatirejoyoso dilaksanakan pada tanggal 14 juni 2022 hingga 15 juni 2022. Dalam kurun waktu tersebut, tim KKN UM 2022 melakukan pendataan warga Desa Jatirejoyoso.

Sebelum tim KKN UM 2022 melakukan kegiatan pendataan, pada tanggal 13 juni 2022 dilakukan koordinasi dengan Kepala Desa Jatirejoyoso. Kegiatan ini dilakukan untuk menggali informasi dan mempermudah saat pengerjaan pendataan warga Desa. Dari hasil koordinasi bersama Kepala Desa Jatirejoyoso, tim langsung melaksanakan pendataan, setelah Kepala Desa Jatirejoyoso memberikan data warga yang telah diperbarui.

“Setelah itu, tim membantu pendataan berdasarkan jumlah warga dari setiap RT, RW, dan keseluruhan warga Desa Jatirejoyoso dari tiap umur serta jumlah jenis kelamin dari tiap umurnya” terangnya.

Dari pendataan yang telah dilakukan, didapatkan hasil jumlah penduduk laki-laki 2730, perempuan 2679 dan total keseluruhan penduduk Desa Jatirejoyoso mencapai 5409 jiwa. “Jumlah ini merupakan akumulasi dari 5 dusun yang ada di Desa Jatirejoyoso yaitu Dusun Dawuhan, Balong, Mergosingo, Wonoayu, dan Tamanayu” tukasnya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.