Opini  

Pengaruh Budaya Korea (K-POP) Terhadap Masyarakat Indonesia

Avatar of news.Limadetik
Pengaruh Budaya Korea (K-POP) Terhadap Masyarakat Indonesia
FOTO: Anggy Anggara Putra Setna

OLEH : Anggy Anggara Putra Setna
NIM : 210406030003
PRODI: PETERNAKAN
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

__________________________________

PENGANTAR

OPINI – Berbagai produk budaya Korea mulai dari drama film, lagu, fashion, gaya hidup produk-produk industri mulai mewarnai kehidupan masyarakat di berbagai belahan dunia. Budaya Korea berkembang begitu pesatnya dan meluas serta diterima publik sampai menghasilkan sebuah fenomena demam Korean Wave. Belakangan ini budaya Korea atau K-pop begitu mewabah pada remaja di Indonesia. K-pop tidak hanya soal musik, akan tetapi lebih terasosiasikan K-pop dengan semua budaya asal Korea. Adanya komunitas Dance Korea di Indonesia seperti Korean Dance Cover; Komunitas Fans K-Pop, seperti ARMYINA, ARMYCIR; Grup Online yang diikuti remaja seperti IKON, K-DRAMAS FOR LIVE, KIM TAEHYUNG, KOREAN DRAMA FANS; hingga Kedai Makan Korea seperti Haebaragi dan Epen’s Box yang menyediakan hidangan seperti kimbab, ramyeon, bulgogi, kimchi, daenjang Jjiggae, bibimbap serta samyang. Mereka beranggapan mengikuti perkembangan tersebut adalah sejalan dengan modernitas yang sedang marak.

PENDAHULUAN

Saat ini perkembangan zaman semakin hari semakin modern diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal tersebut diikuti dengan perkembangan media sosial dan internet yang dapat memudahkan beberapa orang mengakses informasi saling berkomunikasi, dan dapat mengetahui dunia luar tanpa berkunjung ke negara tersebut. Perkembangan teknologi informasi khususnya media massa memberikan dampak yang sangat besar dalam kemajuan komunikasi. Teknologi yang canggih tidak hanya dapat menyebarkan informasi dengan cepat namun bermanfaat dalam memudahkan penyebaran informasi mengenai budaya dari seluruh dunia. Penyebaran informasi pada media massa saat ini berkaitan dengan budaya populer atau dikenal sebagai budaya K-pop.

Budaya K-pop secara sosiologis merupakan budaya yang sedang tren, banyak diminati dan cepat berganti. Kebudayaan populer biasanya berkaitan dengan masalah keseharian yang dapat dinikmati oleh semua orang atau kalangan orang tertentu, seperti musik, film, fashion, dan lain-lain. Aktor dan aktris serta musisinya lah yang berhasil “menyihir” berbagai kalangan. Budaya K-Pop pun menjadi mendunia. Termasuk kuliner dan budayanya. Banyak para remaja hingga bloger-bloger ataupun youtuber social media begitu terobsesi dengan hal-hal yang berbau korea. Sehingga mereka tidak mengetahui perkembangan dunia entertaiment Indonesia, justru mereka lebih mengikuti dan antusisas dengan perkembangan dunia entertainment Korea, banyak dari mereka memilih gaya fashion ala Korea, mempelajari tulisan dan bahasa Korea tetapi tidak pernah mempelajari bahasa daerahnya sendiri.

Bahkan di jejaring sosial banyak dari mereka yang mencantumkan beberapa kota di Korea Selatan sebagai kota tempat tinggal atau kota asalnya, banyak juga yang menggunakan nama Korea untuk nama jejaring sosial mereka. Tentunya hal ini memberikan dampak bagi pembentukan mental remaja Indonesia. Para remaja seakan kehilangan jati dirinya dan lupa akan budayanya sendiri.

PROBLEMATIKA

Di Indonesia, berkembangnya Korean Pop Culture diawali dengan kemunculan drama seri Korea terlaris kala itu yaitu Endless Love pada tahun 2002 di salah satu stasiun televisi swasta. Cerita yang dikemas secara apik, tidak memiliki episode yang panjang, dengan aktor dan aktris yang berbakat dan sangat menarik penampilannya, membuat drama seri ini menjadi awal pembuka bagi masuknya Korean Pop Culture lainnnya. Tentang pengaruh budaya K-Pop terhadap remaja Indonesia ini bertujuan untuk mengetahui dampak mencintai atau mengidolakan budaya K-pop tidak secara berlebihan agar remaja indonesia tidak sampai melakukan hal-hal yang menyimpang. Dari hasil penelitian terbukti bahwa keberadaan budaya k-pop di Indonesia membawa dampak negatif yang menjadikan remaja Indonesia semakin malas. Dampak dampak tersebut antara lain menjadikan remaja Indonesia lupa waktu dan mencintai budaya orang lain dibandingkan budaya sendiri.

PEMBAHASAN

Hampir seluruh remaja dan warga Indonesia menjadi penggemar budaya Korea Pop dan mengikuti perkembangan dengan bergabung pada Grup Online K-Pop. Hampir seluruh warga Indonesia mengetahui apa itu budaya Korea (K-pop) karena enak didengar dan artisnya yang sangat menarik di kalangan remaja khusunya remaja wanita. Sehingga banyak remaja yang mencintai budaya Korea (K-pop) hal itu sangat terlihat ketika remaja hafal dengan lirik lagu dan sering menyanyikan di hadapan umum, kelas ataupun tempat lainnya. K-pop singkatan dari Korean Pop (musik pop Korea), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Jenis musik ini adalah jenis musik pop, banyak artis dan kelompok musik populer yang berasal dari Korea Selatan yang populer di dalam negeri dan di mancanegara.

Untuk pecinta K-Pop budaya Korea Selatan punya daya tarik tersendiri. Ibarat efek samping dari menikmati musik dan drama Korea. Drama Korea inilah yang secara tidak sadar menjadi kampanye penyebaran budaya dan kulinernya. Di Indonesia , terdapat beberapa kedai atau tempat makan yang mengusung konsep Korean Style.

Dampak positif dari pengaruh budaya Korea (K-Pop) terhadap masyarakat Indonesia
1. Memberi motivasi dan semangat, karena kisah idolanya dianggap menginspirasi
2. Menjadikan para remaja tersebut memiliki banyak hubungan pertemanan. Memiliki banyak teman atau menjadikan teman sebagai rujukan adalah ciri yang ada pada Remaja Madya (Middle Adolescence) Hurlock, 2003
3. Menghasilkan keuntungan dari penjualan online
4. Manfaat secara emosional, menyenangkan, menghilangkan stress bagi remaja Dampak negatifnya
1. Kurangnya minat tentang budaya negara sendiri
2. Kesehatan mata, karena sering bermain ponsel
3. Insomnia, kesulitan tidur, konsumtif, lebih boros

SOLUSI

Sebenarnya budaya Korea telah memberikan citra positif bagi konstruksi Asianization di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tetapi remaja sekarang harus di imbangi dengang mengetahui dan memahami budaya Indonesia yang sangat beragam. Serta dapat melestarikan budaya-budaya di Indonesia.

KESIMPULAN

Pengaruh budaya Korea (K-pop) terhadap masyarakat Indonesia adalah banyaknya masyarakat Indonesia mengikuti Komunitas Fans K-Pop seperti ARMYINA, ARMYCIR atau Grup Online, seperti ( BTS|ARMY, BTS|JUNGKOOK,BTS|KIM SEOKJIN, BTS|PARKJIMIN, BTS|SUGA MIN YOONGI, BTS|ARMY, BTS ARMY, BTS V, BTS V-, BTS LOVERS, EXO&BTS, IKON, K-DRAMAS FOR LIVE, KIM TAEHYUNG, KOREAN DRAMA FANS<SHINEE, ARMY [BTS].

Para masyarakat Indonesia menjadikan hal-hal berbau Korea seperti makanan Korea, Merchandise K-Pop, kedai makan Korea, toko pakaian style Korea dan sejenisnya sebagai hal yang menarik untuk dicoba.