banner podcast

Pengaruh Peran E-Commere Terhadap Kinerja Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Pengaruh Peran E-Commere Terhadap Kinerja Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19
FOTO: Ilustrasi e-commere
Banner Iklan

ARTIKEL – Indonesia dilanda Virus Corona yang memberikan berbagai dampak pada semua sektor, dan salah satu sektor yang terasa dampaknya adalah sektor ekonomi. Pada sektor ekonomi, pelaku ekonomi menjadi terhambat akan segala aktivitas ekonominya di karenakan adanya pembatasan sosial guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan telah memiliki berbagai strategi agar bisnis yang dijalankan tetap beroperasi dan mendapatkan penghasilan seperti biasa.

Salah satu strategi perusahaan adalah dengan menggunakan e-commerce sebagai platform media online untuk memasarkan dan menjual produk yang perusahaan miliki. Orientasi pasar perlu didukung dengan penerapan e-commerce, sehingga pencapaian kinerja akan menjadi semakin optimal. Dengan kata lain, e-commerce mejadi media untuk melakukan transaksi bisnis secara online.

Kinerja perusahaan dapat dikatakan baik jika kinerja operasional, kinerja keuangan, dan kinerja berbasis pasarnya juga berjalan dengan baik. Perusahaan yang memiliki orientasi pasar akan lebih mampu mengembangkan kinerja perusahaan yang baik dengan menciptakan strategi unggul dan penciptaan nilai.

Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 ini orientasi pasar yang terbentuk adalah dengan adanya transaksi bisnis secara online dengan menggunakan e-commerce guna mengoptimalkan kinerja perusahaan yang ditandai dengan peningkatan jumlah pelanggan, pendapatan, dan keuntungan yang dihasilkan.

Menurut penelitian terdahulu Tami, (2020) penerapan e-commerce membutuhkan strategi yang matang, hal ini diputuskan oleh manajemen perusahaan diantaranya yaitu:
a. Mempersiapkan sumber daya perangkat teknologi dan sumber daya manusia yang handal dalam bidang teknologi
b. Membangun sistem informasi untuk mengelola operasional perusahaan
c. Memiliki mekanisme pelayanan dan transaksi yang cepat dan singkat dengan keamanan yang baik
d. Menjalin kerja sama yang baik dengan para supplier dan distributor. Apabila semua poin diatas dikerjakan dengan baik, hal ini dapat meningkatkan keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan sehingga kinerja perusahaan semakin baik dan optimal.

PENULIS:
1. Dia Fatira
2. Amirah Khansa Pane

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.