Opini  

Penggalangan Kreatifitas Anak Muda Penggemar Anime pada Budaya Lokal

Avatar of news.Limadetik
Penggalangan Kreatifitas Anak Muda Penggemar Anime pada Budaya Lokal
FOTO: Cahya Christian Dwi Nugraha

OLEH : Cahya Christian Dwi Nugraha
NIM : 226404010003
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

________________________________

LIMADETIK.COM – Anak muda di era globalisasi ini memiliki banyak ide kreatif karena referensi mereka yang mudah diakses. Salah satu referensi yang mudah diakses adalah budaya Jepang yang masuk di negara Indonesia anime (animasi Jepang). Masuknya animasi Jepang (anime) membuat banyak anak muda tertarik untuk mendalami budaya Jepang bahkan mengadakan acara cosplay (berkostum sesuai salah satu karakter di anime Jepang) di berbagai tempat. Tidak sedikit juga anak muda rela berjuang keras demi mendapatkan beasiswa pendidikan ke Jepang karena menonton anime.

Apabila kita mendengar dan mengunjungi acara cosplayer di suatu tempat, pasti kita akan mendapati banyak anak muda yang berkostum sesuai dengan karakter kesayangan mereka masing- masing. Dengan ide – ide yang kreatif, tidak sedikit dari para cosplayer membuat sendiri kostum mereka. Hal ini memperlihatkan kepada kita bahwa banyak sekali anak muda yang kreatif dan mau mengorbankan biaya, waktu, hingga ide – ide cermelang untuk hal yang menarik bagi mereka.

Muncul pertanyaan,” Bagaimana dengan budaya dari negara kita sendiri yaitu Indonesia dengan budaya Nusantara?”

Di Indonesia banyak sekali cerita rakyat dan legenda yang sudah sering diceritakan sejak kecil bahkan sampai dewasa. Tidak sedikit juga legenda di Indonesia yang sudah diterbitkan di Internet agar mudah diakses. Sayangnya hanya sedikit dari anak muda di era sekarang yang tertarik dengan budaya lokal Indonesia.

Mengapa banyak anak muda kurang tertarik dengan budaya lokal?.

Dari opini saya dalam karya tulis ini, anak muda kurang tertarik dengan budaya lokal karena kurangnya media animasi mengenai legenda – legenda Indonesia yang dikemas secara serius dan berkualitas tinggi. Sebenarnya sudah banyak hasil karya anak muda yang mengenalkan budaya lokal di media internet seperti Youtube, sayangnya tidak sedikit juga yang mana hasil karya mereka tidak maksimal karena terbatas biaya dan perlengkapan alat.

Tetapi tidak sedikit juga ada banyak anak muda yang sudah menghasilkan karya yang luar biasa di media Youtube, hanya saja belum memperkenalkan budaya lokal di Indonesia. Sebagai contoh karya indah anak bangsa yang sudah memperkenalkan budaya Indonesia dan sudah membuat para anak muda mulai tertarik dengan budaya lokal bahkan hingga dunia Internasional adalah dari channel Youtube Alffy Rev dengan judul ; Wonderland Indonesia, Wonderland Indonesia 2 : The Sacred Nusantara, dan The Spirit of Papua.

Dari sekian banyak dari para penggemar anime Jepang di Indonesia, pastilah banyak orang – orang yang memiliki talenta menggambar dan animasi. Dari talenta – talenta tersebut, sebenarnya Indonesia dapat membuat animasi legenda – legenda Indonesia dengan kualitas yang baik.

Perlu sekali adanya penggalangan talenta serta dana sponsor agar dapat membuat suatu proyek animasi tentang legenda Indonesia. Apabila hal ini dapat direalisasikan, hasil proyek animasi legenda Indonesia dapat dipasarkan secara Internasional dan anak muda penggemar anime di Indonesia pasti tertarik untuk mendukung proyek tersebut terus berjalan. Dari tayangan animasi kualitas tinggi dan cerita legenda Indonesia yang menarik, pasti akan menarik perhatian anak muda bahkan menarik perhatian generasi berikutnya juga.

Kita tahu bahwa sosial media sekarang juga menjadi media penampil karya seperti Youtube, Instagram, Tik Tok, dan lain – lain. Dari media – media tersebut, rakyat Indonesia pasti tahu bagaimana kualitas karya anak negeri dalam berkarya terutama dalam bidang animasi. Karya – karya animasi anak negeri sepatutnya dilirik oleh pemerintah untuk pembuatan proyek animasi legenda di Indonesia, dan pemerintah sendiri sepatutnya turut ambil dalih dalam pembuatan animasi legenda di Indonesia. Dengan adanya dukungan pemerintah untuk karya anak bangsa, bagi mereka yang ingin berkarya seni legenda di Indonesia tidak ada alasan tentang biaya ataupun hal lainnya.

Pentingnya penggalangan kreatifitas dari penggemar anime Jepang di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi budaya lokal adalah agar budaya di Indonesia tidak hilang ataupun punah karena tertutup oleh budaya asing. Penggalangan kreatifitas tersebut dapat dimulai dari proyek animasi video tentang legenda yang ada di Nusantara ini. Proyek animasi legenda Nusantara sangat perlu diselenggarakan karena pengaruh dan daya tarik dari animasi video di sosial media sangatlah tinggi. Dari hal kecil melalui animasi legenda Indonesia yang berkualitas tinggi, pasti ketertarikan generasi muda hinga seterusnya akan meningkat dengan sendirinya, serta melatih anak bangsa di Indonesia mencintai produk lokal mereka sendiri.

Manfaat penggalangan kreatifitas animasi video tentang legenda Nusantara ini sangat banyak. Tidak hanya menarik perhatian generasi muda dan bawahnya, dari proyek ini dapat menjadikan anak muda mencintai budaya lokal mereka sendiri. Terbayangkan juga bahwa dalam acara seni cosplaye tidak hanya mereka yang berkostum karakter dari animasi luar negeri, tetapi ada juga yang berkostum dari budaya Indonesia sendiri. Sehingga dari acara tersebut dapat terciptakan suatu kolaborasi budaya asing dengan budaya lokal Indonesia.

Kesimpulan yang dapat kita tarik di sini adalah kita tahu bahwa ketertarikan dari generasi muda akan budaya lokal saat ini sedang luntur. Tetapi kita dan pemerintah dapat menarik lagi generasi muda untuk mencintai budaya lokal dengan hal – hal kecil seperti menggalang mereka para penggemar anime untuk mencitrakan budaya lokal di Indonesia. Penggalangan kreatifitas dari penggemar anime ini, diharapkan akan menarik perhatian generasi muda lainnya hingga generasi bawahnya untuk mengenal dan mencintai budaya serta produk lokal. Hal ini juga ditujukan agar budaya dan produk lokal di Nusantara ini tidak punah seiring berjalannya zaman.