Penjadwalan Proyek Merupakan Salah Satu Kunci Keberhasilan Mendirikan UMKM

Avatar of news.Limadetik
Penjadwalan Proyek Merupakan Salah Satu Kunci Keberhasilan Mendirikan UMKM
FOTO: Ena Dharma

OLEH ; Ena Dharma f.p
Universitas Muhammadiyah malang

________________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Proses produksi yang berjalan dengan baik dan lancar merupakan suatu hal yang sangat diharapkan oleh perusahaan. Untuk menjaga agar proses produksi tersebut dapat berjalan dengan baik, diperlukan metode pengendalian proses produksi yang baik dalam perusahaan.

Sebelum proses produksi atau transformasi input menjadi output dari perusahaan dimulai, terlebih dahulu perlu disusun perencanaan produksi secara menyeluruh. Dengan adanya perencanaan produksi itu diharapkan jalannya proses produksi dapat berjalan dengan lancar. Melaksanakan pekerjaan secara efektif dan efisien agar tujuan tercapai adalah yang diinginkan oleh semua manajemen perusahaan.

Oleh karena itu pemahaman mengenai konsep penjadwalan sangat penting, sehingga para pelaksana mengetahui kapan waktu harus memulai suatu pekerjaan dan kapan waktu mengakhirinya.

Penjadwalan proyek adalah kegiatan menetapkan jangka waktu proyek yang harus diselesaikan, bahan baku, tenaga kerja, serta waktu yang dibutuhkan oleh setiap aktivitas. Penjadwalan proyek merupakan salah satu elemen hasil perencanaan.

Yang dapat memberikan informasi tentang jadwal rencana dan kemajuan proyek dalam hal kinerja sumber daya berupa biaya, tenaga kerja, peralatan dan material, serta rencana durasi proyek dan progres waktu untuk menyelesaikan proyek.

Dalam proses penjadwalan, penyusunan kegiatan dan hubungan antar kegiatan dibuat lebih terperinci dan sangat detail. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pelaksanaan evaluasi proyek. Penjadwalan atau scheduling adalah pengalokasian waktu yang tersedia melaksanakan masing-masing pekerjaan dalam rangka menyelesaikan suatu proyek hingga tercapai hasil optimal dengan mempertimbangkan keterbatasan-keterbatasan yang ada.

Penjadwalan proyek meliputi urutan dan membagi waktu untuk seluruh kegiatan proyek. Pendekatan yang dapat digunakan diantaranya adalah Diagram Gantt. Penjadwalan proyek membantu dalam:

1. Menunjukkan hubungan tiap kegiatan lainnya dan terhadap keseluruhan proyek.
2. Mengidentifikasikan hubungan yang harus didahulukan diantara kegiatan.
3. Menunjukkan perkiraan biaya dan waktu yang realistis untuk tiap kegiatan.
4. Membantu penggunaan tenaga kerja, uang, dan sumber daya lainnya dnegan cara hal-hal kritis pada proyek.