Pentingnya Kompensasi Bagi Perusahaan

Pentingnya Kompensasi Bagi Perusahaan
FOTO: Ilustrasi

Oleh : Risma Alif dan Elfina Suhesti
Mahasiswi jurusan akuntansi universitas muhammadiyah malang

Pengertian kompensasi menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2001: 83) adalah sesuatu yang dipertimbangkan sebagai suatu yang sebanding. Dalam kepegawaian, hadiah yang bersifat uang merupakan kompensasi yang diberikan kepada pegawai sebagai penghargaan dari pelayanan mereka. Kompensasi dalam dunia bisnis sangat dibutuhkan guna memotivasi orang untuk melakukan pekerjaan agar dapat mencapai cita-cita organisasi atau perusahaan.

Kompensasi sendiri dipengaruhi oleh insentif positif maupun negative. Insentif positif dapat diartikan sebagai penghargaan yang diterima oleh karyawan yang telah mencapai target yang telah ditetapkan, sedangkan insentif negative merupakan hukuman yang diberikan apabila target tersebut tidak dapat terlaksana.

Kompensasi dari manajemen terdiri atas tiga komponen yaitu (1) gaji, (2) tunjangan (terutana tunjangan pensiun kesehatan, namun ada jenis lainnya), dan (3) kompensasi insentif. Manajer umumnya menerima kompensasi lebih tinggi di perusahaan yang lebih besar dibanding dengan perusahaan kecil.

Rencana kompensasi manajemen dapat dibagi menjadi dua yaitu rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang. Rencana insentif jangka panjang didasarkan pada kinerja pada kinerja dalam tahun berjalan. Rencana insentif jangka pendek terdiri atas (a)total kantong bonus, (b)carryover, (c) kompensasi ditunda. Sedangkan rencana insentif jangka panjang terdiri dari (a)opsi saham, (b) saham fantom, (c) hak apresiasi saham, (d) saham kinerja, (e) unit kinerja.

Menurut Wether dan Davis (priansa, 2017) pemberian kompensasi yang efektif bertujuan untuk
1. memperoleh pegawai yang berkualitas
2. mempertahankan pegawai yang ada
3. menjamin keadilan
4. penghargaan terhadap perilaku yang dilakukan
5. mengendalikan biaya
6. mengikuti aturan hukum
7. memfasilitasi pengertian
8. meningkatkan efisiensi administrasi

Kompensasi dinilai sangat penting bagi perusahaan, oleh sebab itu baik atau buruknya imbalan yang diberikan perusahaan berpengaruh pada produktivitas serta kinerja manajemen maupun karyawan. Kompensasi berpengaruh positif pada perusahaan, karena dengan kompensasi yang baik perusahaan akan mendapatkan karyawan dan manajemen yang berkualitas serta kompensasi dapat memacu karyawan dan manajemen agar bekerja lebih giat agar mendapat imbalan yang sebanding dan juga mendapat penghargaan.