Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Kehidupan Sehari-hari

Avatar of news.Limadetik
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Kehidupan Sehari-hari
FOTO: Amaliya Anisa Fitri

Oleh : Amaliya Anisa Fitri
Prodi : Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

_____________________________

ARTIKEL – Mental helath atau Kesehatan mental merupakan penyakit mental yang meninggalkan dampak besar terhadap seseorang. Apa bila seseorang mengalami gangguan mental ini mereka biasanya cendrung menyakiti dirinya sendiri. Beberapa jenis gangguan mental ini seperti depresi, kecemasan berlebihan, gangguan stes pasca trauma. Penyebabnya Kesehatan mental ini biasanya timbul karena mengalami stress yang berkepanjangan, akibat bullying, kekerasan dalam rumah tangga, pengaruh pertemanan.

Hal ini nantinya akan menimbulkan beberapa dampak pada kehidupan sehari-hari seperti mudah marah, merasa putus asa, kurang percaya diri, merasa cemas dan khawatir berlebihan. Untuk itu kesadaran akan Kesehatan mental ini perlu disadari setiap individu untuk mencegah dampak negative yang akan terjadi.

Apa sih Kesehatan mental itu? Dikutip dari klinik itjen kemendikbud ristetek Kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, Ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya mampu untuk mengelola stress yang dimiliki serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secraa produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya.

Kesehatan mental merupakan dasar yang penting bagi seseorang karena Kesehatan mental akan memengaruhi bagaimana seseorang memandang dirinya, lingkungan, dan memahami lingkungan sekitar.

Belakangan ini masalah Kesehatan mental di Indonesia menjadi isu yang sangat hangat, terutama pada kalangan remaja karena mengalami beberapa masalah akan tetapi mereka masih belum menemukan jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut sehingga hal ini berdampak pada Kesehatan mental mereka bahkan tidak banyak dari mereka melakukan percobaan bunuh diri.

Masa remaja adalah masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa yang dimana pada masa remaja ini mereka akan mulai mengalami setres. Selain itu pada masa remaja mereka dianggap rentan dalam mengalami gangguan mental. Oleh karena itu, para remaja perlu mendapatkan perhatian lebih untuk mencegah terjadinya gangguan mental.

Akan tetapi di Indonesia kesadaran tentang Kesehatan mental atau mental health ini masih minim dimana hal ini masih dianggap stigma bagi beberapa individu padahal Kesehatan mental ini sama pentingnya dengan Kesehatan fisik. Dan masih banyak masyarakat diindonesia menganggap gangguan mental ini hal yang tabu. Dimana seseorang yang mengalami gangguan mental dianggap orang yang gila bahkan tidak sedikit dari beberapa masyarakat mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan mereka jauh dari tuhan padahal hal ini timbul karena permasalahan medis di dalam otak.

Selain itu mereka yang mengalami Kesehatan mental biasanya mengalami kesusahan untuk mengkomunikasikan permasalahan mereka, mereka lebih memilih untuk memendam permasalahan mereka daripada menceritakannya kepada orang terdekat. Padahal hal ini tidak baik karena apabila seseorang terlalu banyak memendam permasalahan atau suatu emosi maka akan berdampak pada Kesehatan mental mereka. Kunci dari permaslaahan ini salah satunya adalah komunikasi dengan orang terdekat apabila mereka berani untuk mengkomunikasikan permasalahan mereka tidak menutup kemungkinan kondisi mereka akan membaik.

Dengan curhat perasaan akan lebih lega dan bebaban pikiran menjadi berkurang. Perasaan lega tersebut yang bisa memberikan efek kesehatan untuk tubuh. meskipun curhat mungkin terlihat sepele, akan tetapi hal ini sangat penting untuk Kesehatan fisik dan mental. Curhat kepada orang yang dipercayai dapat membantu memvalidasi perasaan sehingga tidak merasa terisolasi sendirian. Selain itu dengan curhat kita dapat meringankan beban pikiran, mencegah stress, menadapat dukungan emosional, membangun mekanisme bertahan yang baik dari stress, mendapat solusi, siap bangkit Kembali.

Selain itu peran orang tua ataupun dukungan masyarakat disekitarnya sangat diperlukan dalam mendukung mereka yang mengalami gangguan kesetahan mental. Oleh karena itu sosialisasi akan Kesehatan mental sangat penting sebagai pendampingan terhadap mereka yang membutuhkan hal ini harus dilakukan dengan maksimal untuk menekan angka penderita gangguan Kesehatan mental. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan msayarakat dewasa serta remaja dapat mengetahui pentingnya menjaga Kesehatan mental.