banner podcast

Pentingnya Olahraga pada Masa Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Pentingnya Olahraga pada Masa Pandemi Covid-19
FOTO: Gary
Banner Iklan

Artikel, LimaDetik.Com – Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga saat ini. Sebab ketika pandemi covid-19 melanda hampir seluruh dunia, semua orang bisa terjangkit virus mematikan tersebut.

Karena itu menurut para ahli, satu-satunya yang bisa kita lakukan saat ini adalah menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga.

Di masa pandemi ada imbauan untuk di rumah saja. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan latihan fisik di rumah, mulai dari sepeda statis, joging, kalistek, maupun bermacam gerakan fleksibilitas peregangan dan yang berhubungan dengan penambahan kekuatan.

Jika latihan fisik dilakukan dengan intensitas sedang karena dapat merangsang imun yang dapat menjadi benteng terhadap penyakit yang masuk. Maka tidak disarankan latihan fisik dengan intensitas ringan atau berat karena intensitas ringan tidak menjamin terciptanya imun tubuh yang cukup untuk melawan virus sementara intensitas berat malah dapat menurunkan imun tubuh beberapa jam setelah latihan sehingga menjadi rentan membuat tubuh terkena penularan virus.

Berolahraga di luar ruangan bisa menjadi salah satu alternatif, selama tidak berkerumun. Apalagi menurut para ahli virus korona tidak tahan dengan sinar matahari. Selain itu, berolahraga outdoor juga bisa menghilangkan suntuk dan dapat memberikan asupan vitamin D dari sinar matahari.

Namun persoalannya, meski memiliki manfaat bagi kesehatan, sinar ultraviolet (UV) yang terkandung dalam sinar matahari juga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit.

Tak hanya itu, beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa paparan sinar UV yang berlebihan justru dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh manusia dalam mendeteksi dan menangkal sel ganas. Penggunaan sunscreen dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika beraktivitas outdoor pun menjadi penting untuk dilakukan agar terhindar dari dampak buruk sinar UV.

Lalu Olahraga apa saja yang dapat dilakukan dikondisi pandemik Covid-19?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, olahraga yang dapat dilakukan dikondisi pandemik Covid-19 adalah olahraga dengan intensitas dan durasi sedang yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

Olahraga dalam ruangan yang dapat dilakukan yaitu jalan cepat di sekitar rumah atau naik turun tangga selama 10-15 menit sebanyak 3 kali sehari, menari, lompat tali, atau berolahraga dengan menggunakan mesin kardio, jika memilikinya.

Sedangkan olahraga luar ruangan yang dapat dilakukan yaitu  berjalan di sekitar tempat tinggal atau taman, bersepeda, berkebun, dan bermain games dengan keluarga. Berolahraga dengan melatih kekuatan juga dapat dilakukan dengan mendownload aplikasi yang dapat menjadi panduan untuk melakukan latihan kekuatan dan melakukan yoga.

(GA/red)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.