Opini  

Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Generasi Milenial di Era Globalisasi

Avatar of news.Limadetik
IMG 20221123 191726 e1669206130410
FOTO: Wunggi Ibarani
Banner Iklan

OLEH : Wunggi Ibarani
Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

_______________________________

OPINI – Menerapkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan merupakan bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila. Sedangkan pancasila dan globalisasi merupakan dua hal yang saling berkesinambungan. Jadi semakin berkembangnya zaman, tatanan hidup dunia mengalami perubahan yang secara langsung juga mempengaruhi tatanan hidup suatu negara. Dampak yang terjadi sangatlah besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia di semua lapisan masyarakat. Penting untuk menerapkan nilai Pancasila kepada generasi milenial, karena Pancasila mampu memberikan dasar yang bersifat fundamental dan universal untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi generasi milenial.

Pancasila bukan hanya sekedar jargon maupun program pemerintah yang bisa dengan mudah berubah seiring dengan perkembangan zaman, tapi Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pandangan hidup bangsa dan sumber dari segala hukum bangsa Indonesia.

Selain itu, Pancasila merupakan falsafah serta pandangan hidup bangsa yang mempersatukan segala perbedaan, serta memiliki fungsi sentral diberbagai aspek kehidupan bangsa sepertu aspek pendidikan, aspek sosial, dan aspek ekonomi bangsa. Setelah kemerdekaan Indonesia hingga saat ini Pancasila merupakan ideologi yang paling tepat untuk digunakan di Negara Indonesia, namun dalam perjalan Pancasila sendiri juga tidak mudah hingga bisa dengan saat ini.

Banyak ideologi dan gerakan yang menentang Pancasila yang dilakukan oleh kelompok ataupun oknum. Hal ini dapat berpotensi besar pada integrasi bangsa. Karena Pancasila bukan hanya sekadar jargon maupun program pemerintah yang bisa dengan mudah berubah seiring dengan perkembangan zaman, tapi Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta pandangan hidup bangsa dan sumber dari segala hukum bangsa Indonesia yang bisa saja berubah seiring dengan pergantian rezim yang merupakan hal yang lumrah dalam negara demokrasi.

Tetapi jauh melampaui itu. Pancasila adalah pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pandangan hidup bangsa indonesia dan sumber dari segala sumbur hukum negara Indonesia. Terdiri dari lima sila yang tidak untuk sekadar dihapalkan, tetapi untuk diamalkan. Tidak sekadar dibacakan dalam upacara bendera, tapi diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Saat ini perkembangan era globalisasi yang sangat pesat menjadi momok yang menakutkan dalam hal perubahan karakter dan sikap pada generasi milenial. Seiring dengan perkembangan Era Globalisasi yang sangat pesat dan canggih menjadikan kita dengan mudah mendapatkan informasi dan relasi dari negara negara asing, hal tersebut memang terlihat positif.

Namun kecenderungan kehidupan masyarakat yang mengarah ke hal negatif seperti degradasi moral dan munculnya berbagai tantangan dan acncaman terhadap moral kehidupan suatu bangsa. Serta dengan mudahnya budaya asing masuk kedalam negeri entah dari sisi budaya, gaya hidup, dan ideologi menyebabkan hilangnya ideologi bangsa kita ,jika kita tidak bisa bijaksana dalam menghadapinya.

Generasi milenial memiliki peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, oleh karena itu generasi milenial harus memiliki produktivitas yang tinggi, serta relasi antar generasi juga sangat dibutuhkan. Namun yang menjadi kendala di Era Globalisasi ini adalah generasi saat ini memiliki sifat yang menginginkan sesuatu secara instan karena pengaruh dari perkembangan teknologi yang segalanya dapat diperoleh secara instan.

Selain itu budaya luar yang dengan mudah masuk ke Indonesia dengan mudah dapat mempengaruhi generasi milenial. Hal seperti ini yang menjadi titik kritis bagi masa depan bangsa Indonesia. Nilai Pancasila yang harusnya diterapkan pada kehidupan generasi saat ini mulai memudar, hal ini dapat dilihat dari sikap generasi sekarang yang lebih individual tidak begitu peduli dengan keadaan sekitar serta jiwa nasionalisme dan patriotisme yang semakin hilang. Melihat kondisi tersebut Pancasila sedang dalam ancaman, maka dari itu perlu ada upaya terhadap pengamalan nilai-nilai Pancasila pada generasi milenial.

Hal untuk menghindari terkikisnya jati diri bangsa karena perkembangan teknologi dan banyaknya hal yang mengakibatkan perpecahan bangsa, maka harus menanamkan nilai-nilai Pancasila pada diri bangsa khususnya generasi milenial. Upaya yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan pendidikan agama sebagai pembentuk ketakwaan generasi muda kepada Tuhan dan pendidikan Pancasila sebagai pedoman dan landasan hidup generasi muda.

Serta membiasakan generasi muda untuk memiliki semangat nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari juga sangat penting seperti: bangga akan produk lokal, bangga dengan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, serta lebih selektif terhadap pengaruh era globalisasi.

Selain itu ada 3 upaya yang dapat dilakukan untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila yakni dengan pendekatan budaya, internalisasi pendidikan, serta adil dalam penegakan hukum yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

1. Pendekatan budaya, hal ini ini dapat dilakukan dengan membangun fasilitas budaya diberbagai wilayah agar dapat melestarikan budaya lokal yang ada dimasyarakat. Dengan masyarakat terus mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa hal ini dapat menguatkan nilai-nilai Pancasila.

2. Internalisasi pendidikan, hal ini dikarenakan generasi muda adalah masa depan bagi ideologi Pancasila, sedangkan ideologi radikal menyerang generasi muda saat ini. Maka dari itu dilakukan internalisasi pendidikan agar nilai-nilai Pancasila dapat terinternalisasi pada kurikulum pendidikan.

3. Penegakan hukum yang adil bagi hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Pancasila pada konstitusi sudah tercermin dalam sejumlah peraturan dan instrumental internasional dimana telah diratifikasi untuk melindungi hal warga negara. Jadi pemerintah boleh menegakkan hukum untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Nilai-nilai Pancasila di Era Globalisasi inj sangat dibutuhkan para generasi milenial yang berperan sebagai penerus bangsa karena kehancuran bangsa akan terjadi jika para generasi tidak berpedoman pada Pancasila.

Jadi kesimpulannya bahwa nilai -nilai Pancasila digunakan sebagai dasar Negara Indonesia agar dijadikan ideologi yang memang wajib ditanamkan dalam masyarakat.

Nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena nilai-nilai Pancasila yang akan menjadikan masyarakat Indonesia untuk bertindak sesuai dengan karakter bangsa. Namun diera globalisasi ini nilai-nilai Pancasila sudah terabaikan, sehingga memunculkan permasalahan, untuk itu diperlukan upaya revitalisasi nilai-nilai luhur Pancasila.

Kita sebagai warga negara yang memiliki ideologi Pancasila untuk menjalankan kegiatan sosial dan berbangsa. Maka dari itu nilai Pancasila jangan sampai hilang, karena dengan nilai-nilai Pancasila ideologi Pancasila kita sebagai bangsa Indonesia juga tidak akan hilang.