Pentingnya Sertifikasi Halal, Mahasiswa FH UMM Beri Sosialisasi Salah Satu UMKM di Kota Malang

Avatar of news.Limadetik
Pentingnya Sertifikasi Halal, Mahasiswa FH UMM Beri Sosialisasi Salah Satu UMKM di Kota Malang
FOTO: Mahasiswa Fakultas Hukum UMM saat sosialisasi sertifikat halal

LIMADETIK.COM, MALANG – Pada hari Sabtu 5 November 2022 bertempat di Dapur Krisan Jalan Simpang Bunga Krisan 18 RT. 09 RW. 09 Kelurahan Jatimulyo Kota Malang telah berlangsung sosialisasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sosialisasi itu dilakukan sebanyak tujuh mahasiswa fakultas hukum yang terdiri dari Mitha Merlyan, Firyal Azelia Nasera, Angelina Lucky, Rafif Ihza Aditya dan Moch. Hardansyah Aldira R dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Nurzakiah, S.H.

Pada kesempatan kali ini mahasiswa menjelaskan kepada Yuliani, selaku owner Dapur Krisan terkait dengan pentingnya sertifikasi halal. Jaminan Produk Halal diselenggarakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang sebagian ketentuannya telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Merujuk pada Pasal 1 angka 1 jo. Pasal 4 UU 33/2014, produk yang diwajibkan bersertifikat halal adalah barang dan/atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat” kata Firyal Azelia Nasera, koordinator sosialisasi, Kamis (10/11/2022).

Sertifikasi Halal kata Azelia, adalah suatu proses untuk memperoleh sertifikat halal melalui beberapa tahap pemeriksaan untuk membuktikan bahwa bahan, proses produksi. “Dan sistem jaminan halal memenuhi standar Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)” ucapnya.