Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Volume Penjualan

Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Volume Penjualan
ilustrasi

OLEH : Citra Ayu Puspaningrum
Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Malang

Limadetik.com – Sebuah bisnis selalu berkatian terus dengan teknologi. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini berpengaruh sangat besar dalam berkembangnya sebuah bisnis. Ketika dalam sebuah bisnis tidak mengikuti perkembangan teknologi maka akan berdampak sangat signifikan dalam sebuah bisnisnya. Bisnis bisa mengalami penurunan hingga kebangkrutan.

Perkembangan teknologi yang semakin maju mulai muncul e-commerce dalam dunia bisnis. Kalian pasti tidak asing dengan e-commerce, apa e-commerce itu? E-commerce adalah perdagangan elektronik dengan memanfaatkan internet. E-commerce menjual barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Secara singkat e-commerce merupakan segala aktivitas jual beli yang menggunakan media elektronik juga jaringan internet. Sekarang ini banyak orang yang ingin membuka usaha mulai dari bisnis online atau bisnis biasa.

Dengan adanya e-commerce kita sebagai businessman dapat mereview penjualan barang dan jasa kita melalui internet. Untuk meningkatkan volume penjualan yang perlu kita lakukan hanya saja menciptakan situs web. Situs web tersebut dapat kita kelola dengan mengiklankan dan mempromosikan produk yang akan dijual.

Sekarang ini, banyak orang yang malas untuk kaluar rumah, akan tetapi mereka ingin semua kebutuhannya terpenuhi. Mereka malas karena kesibukan dalam aktivitas sehari-hari seperti bekerja, sekolah dan kuliah. Seperti kita sendiri kegiatan yang kita lakukan selesainya hamper menjelang malam dan masih mengerjakan tugas-tugas yang belum terselesaikan. Sehingga menurut mereka keluar rumah untuk belanja hanyalah membuang-buang waktu. Oleh karena itu dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat peluang baik bagi para pembisnis untuk mengembangkan usahanya.

Bisnis e-commerce sekarang lebih canggih yaitu menawarkan toko online. Toko online disini pelanggan dapat mengakses berbagai produk yang diinginkan. Selain itu, mereka juga bisa melakukan pemesanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Mereka juga bisa memilih sendiri metode pengiriman yang diinginkan juga pembayaran dengan menggunakan mobile-banking, ATM, ataupun bisa dengan COD. COD (Cash On Delivery) disini pembeli bisa membayar barang/jasa yang digunakan setelah sampai dan atau selesai.

Ketika pembeli merasa barang yang datang tidak sesuai dengan deskripsi produk maka pembeli bisa mengembalikannya. Maka dari itu pembali disini yaitu sebagai raja, maksudnya kita sebagai penjual produk/jasa harus ekstra melayani sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembeli.

Peningkatan dalam bisnis e-commerce yaitu pembeli atau konsumen tidak perlu belanja secara kovensional pada toko secara langsung. Konsumen bisa memperoleh informasi dengan cepat tentang produk yang diinginkan hanya menggunakan gadget dengan mengunjungi website. Konsumen hanya dengan bermain gadget dan duduk santai dirumah mereka bisa mendapatkan apa yang diinginkannya. Sehingga lebih praktis dan efisien dalam memenuhi kebutuhan. Dalam meningkatkan volume penjualan, pelaku bisnis yang dulunya melakukan promosi menggunakan brosur, spanduk dan bener.

Sekarang dengan adanya e-commerce pelaku bisnis hanya menggunakan jaringan sosial dengan memberikan situs iklan dan promosi online kepada para pelanggannya. Juga jangkauan pelanggannya lebih luas karena jangkauan internet yang global.

E-commerce dalam pelaku usaha tidak hanya membuka pasar baru dalam produk dan jasa yang ditawarkan, akan tetapi mempermudah melakukan bisnis. Dengan adanya e-commerce pelaku usaha bisa memasarkan produknya dari mana saja. Pencarian informasi produk dan transaksi dapat dilakukan lebih cepat dan akurat juga sangat efisien dari sudut waktu.

Kita sebagai businessman harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada agar kita tidak tertinggal dengan trend- trend di jaman sekarang. Perkembangan trend saat ini sangat pesat dan sering berganti-ganti. Sehingga ketika kita gagap teknologi sebagai pembisnis harus belajar dari orang-orang yang telah mengerti IT dan mengerti bagaimana cara menarik konsumen untuk membeli produk kita. Jangan sampai kita tertinggal dan kalah saing dengan pembisnis lainnya.