banner podcast

Peran Media Sosial dalam Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga di Saat Pandemi Untuk Menambah Pendapatan Keluarga

  • Bagikan
Peran Media Sosial dalam Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga di Saat Pandemi Untuk Menambah Pendapatan Keluarga
FOTO: Ilustrasi bisnis online
Banner Iklan

Oleh: Qonita Febriana
Mahasiswa akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

Perkembangan teknologi saat ini mendatangkan peluang bagi pelaku usaha yang sedang mengembangakan usahanya. Hal ini disebabkan semakin mudahnya penggunaan teknologi sehingga menyebabkan perubahan social di kalangan masyarakat. Dengan adanya teknologi menjadikan masyarakat bergantung pada kehadirannya sehingga orang-orang dengan mudah memperoleh beragam informasi.

Salah satu teknologi informasi yang berkembang saat ini adalah jaringan social yang juga termasuk kedalam salah satu media sosial. Jaringan social adalah salah satu bentuk pelayanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan tertentu, atau kesamaan latar belakang tertentu. Contoh jaringan social seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Google+, LinkedIn, dll.

Kehadiran teknologi dan perangkat seluler serta media social dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Dengan begitu segala aktivitas manusia yang terbatas oleh jarak dan waktu dapat diatasi seperti, melakukan transaksi jual beli secara online, melakukan reservasi online, membentuk toko online, hingga pembelajaran yang dapat dilakukan secara online.

Banyak sekali kemudahan yang ditawarkan platform jaringan social saat ini yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja tidak terkecuali ibu rumah tangga. Saat ini banyak sekali ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis secara online dari rumah yang tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri, terlebih lagi di saat pandemic seperti ini dimana banyak perekonomian keluarga yang mengalami penurunan. Berniaga dengan sistem pemasaran di media social tentu memberikan dampak positif bagi ibu rumah tangga. Mereka mendapatkan pendapatan tambahan dari hasil berjualan.

Sebagai ibu rumah tangga di zaman yang dewasa ini, bukan hal yang aneh bagi seorang wanita untuk mencari nafkah. Hal ini disebabkan karena mulai banyaknya kebutuhan pokokhidup yang harus dipenuhi. Ibu rumah tangga bisa menemukan peluang berdagang di jaringan social atau media social sehari-hari. Misal dengan sebagai dropshipper yang membeli barang dari distributor dan memasarkannya langsung kepada konsumen lewat media social. Namun harus ada keunggulan dan keunikan produk yang bisa diincar oleh konsumen. Misal menjual barang yang memang sedang dicari saat ini seperti masker, strap mask, skincare, dan lain-lain.

Selain itu, bagi ibu rumah tangga, berjualan dengan media social juga sebagai sumber dana untuk kebutuhan masa depan. Maraknya kebutuhan saat ini, menuntut semua pihak untuk menabung dan menggunakannya di masa depan. Seperti untuk kebutuhan anak, asuransi, kesehatan, dan lain-lain. Dengan memiliki penghasilan tambahan dari berjualan online, para ibu rumah tangga bisa mengalokasikan pendapatan tambahannya untuk kebutuhan mendesak di masa depan.

Dengan luasnya dunia teknologi, ibu rumah tangga perlu mempelajari lebih lanjut mengenai media social yang digunakan untuk memasarkan produknya. Pemahaman lebih lanjut mengenai siapa target konsumennya, di lokasi mana ia memasarkan produknya, dan berapa harga produk yang dijualnya. Setelah mempelajari hal tersebut, ibu rumah tangga akan dengan mudahmemasarkan produknya dan menemukan siapa target konsumennya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.