Peran Pemuda dalam Membangun Kebangsaan Berkualitas dan Berdaya Saing Global

Avatar of news.Limadetik
Peran Pemuda dalam Membangun Kebangsaan Berkualitas dan Berdaya Saing Global
FOTO: Hafizh Nur Azmi

Peran Pemuda dalam Membangun Kebangsaan Berkualitas dan Berdaya Saing Global

Oleh : Hafizh Nur Azmi
202210170311195
Universitas Muhammadiyah Malang

_______________________________

ARTIKEL – Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan bangsa. Sebagai generasi penerus, mereka memiliki tanggung jawab besar untuk membangun kebangsaan yang berkualitas dan berdaya saing global.

Oleh karena itu, penting bagi pemuda untuk memahami peran mereka dalam membangun kebangsaan yang berkualitas dan berdaya saing global.

Pertama, pemuda harus didorong untuk meningkatkan kemampuan diri melalui pendidikan. Pemerintah harus menyediakan akses pendidikan yang merata dan berkualitas untuk seluruh pemuda Indonesia, terutama bagi mereka yang berasal dari daerah terpencil atau masyarakat kurang mampu.

Selain itu, lembaga-lembaga pendidikan juga harus memperkuat kurikulum dan metodologi pengajaran agar sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar global.

Kedua, pemuda harus dilibatkan secara aktif dalam pengembangan ekonomi nasional. Pemerintah dan masyarakat harus memberikan kesempatan bagi pemuda untuk mengembangkan keterampilan dan inovasi yang dapat mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Hal ini dapat dilakukan melalui pemberian beasiswa, pelatihan keterampilan, dan penyediaan fasilitas pendukung seperti akses internet dan ruang kerja.

Ketiga, pemuda harus memiliki karakter yang baik dan berkualitas dalam kehidupan bermasyarakat. Mereka harus memiliki sikap positif, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Pemerintah dan masyarakat harus memberikan contoh yang baik dalam membangun karakter pemuda, serta memberikan kesempatan untuk mengembangkan karakter tersebut melalui kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Keempat, pemuda harus didorong untuk aktif dalam mengembangkan kebudayaan nasional. Pemerintah dan masyarakat harus memberikan dukungan dan fasilitas untuk mengembangkan seni dan budaya nasional, sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat internasional.

Hal ini dapat dilakukan melalui pemberian bantuan dana, penyelenggaraan festival seni dan budaya, serta dukungan promosi kebudayaan nasional.

Dalam kesimpulannya, peran pemuda dalam membangun kebangsaan yang berkualitas dan berdaya saing global sangatlah penting. Pemuda harus memiliki semangat nasionalisme yang tinggi, keterampilan dan pengetahuan yang memadai, sikap yang proaktif dan kreatif, dan perjuangan untuk hak-hak mereka.

Dengan begitu, pemuda dapat berkontribusi positif dalam membangun kebangsaan yang lebih baik dan berdaya saing global.