banner podcast

Peran Vitamin C Untuk Menangkal Penyebaran Covid-19

  • Bagikan
Banner Iklan

OLEH: Muhammad Afif Fauzi
Universitas Negeri Malang
Jurusan Ilmu Keolahragaan
Fakultas Ilmu Keolahragaan

Vitamin C sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat vitamin C penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh karena diperlukan bagi pembentukan pembuluh darah, tulang rawan, otot dan kolagen. Manfaat vitamin C juga diperlukan untuk membantu melindungi sel-sel tubuh melawan radikal bebas termasuk beberapa jenis virus.

Terkait dengan virus COVID-19 yang kini sudah masuk wilayah Indonesia, menjaga daya tahan tubuh jadi salah satu langkah pencegahan agar tidak tertular. Masa penyembuhan dari COVID-19 adalah momen yang paling penting dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat.

Setiap orang benar-benar harus memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi disertai dengan pemberian vitamin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga virus yang masuk ke dalamnya dapat diatasi. Jika sistem imun lemah, maka penyembuhan akan lebih lambat dan bahkan dampak yang lebih buruk dapat terjadi.

Meski begitu, tidak semua orang tahu kebutuhan vitamin yang harus dicukupi agar sistem imunitas tubuh benar-benar maksimal untuk mengatasi virus corona. Beberapa vitamin sangat ampuh untuk menyembuhkan pengidap COVID-19, terutama vitamin C. Vitamin C telah dipercaya puluhan tahun sebagai kandungan yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja.

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan leukosit, jenis sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi, terutama selama pandemi.

Contoh vitamin untuk Pengidap COVID-19 Tanpa Gejala dan Gejala Ringan yang dapat kita ketahui kebutuhan vitamin C untuk pengidap dengan kategori OTG, antara lain:

1. Tablet vitamin C non-acidic 500 miligram per 6–8 jam secara oral yang dilakukan selama 14 hari, atau

2. Tablet hisap vitamin C dengan kadar 500 miligram per 12 jam dan dilakukan selama 30 hari, atau

3. Multivitamin dengan kandungan vitamin C 1–2 kali per harinya selama 30 hari. Untuk konsumsi multivitamin disarankan bukan hanya mengandung vitamin C, tetapi juga vitamin B, E, dan Zinc.

Berikut merupakan beberapa fakta mengenai vitamin C dan COVID-19 yang perlu kita pahami. Kita bisa dapatkan asupan vitamin C melalui buah, sayur, suplemen, dan suntik vitamin. Tapi, sebelum kita melakukan suntik vitamin C, pastikan kita sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis. Untuk konsultasi lebih jelas lagi dengan dokter.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.