banner podcast

Perhitungan HHI dari Perusahaan Sektor Konsumen Non Primer di Indonesia

  • Bagikan
Perhitungan HHI dari Perusahaan Sektor Konsumen Non Primer di Indonesia
FOTO: Ilustrasi
Banner Iklan

Penulis : Rama Dwi Andita, Mohamad Dwiki Fitriyan dan Rayandre Setiyadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang
________________________________

Concentration rasio atau rasio konsentrasi adalah statistik yang digunakan untuk mengukur
penguasaan akan pangsa pasar oleh sejumlah perusahaan dalam industri tertentu.

Concentration ratio digunakan untuk mengukur besar atau kecilnya sebuah perusahaan di dalam industri yang digeluti secara keseluruhan.

Hasilnya, concentration ratio bisa bernilai rendah maupun tinggi, tergantung kondisi masingmasing industri. Jika concentration ratio rendah artinya terjadi persaingan besar di dalam industri tersebut. Biasanya ditandai dengan banyaknya produsen dan konsumen di pasar, sehingga menghasilkan persaingan yang sempurna.

Dari data FRC dari perusahaan yang ada di Idonesia yang bergerak di sektor konsumen nonprimer terdapat 103 perusahaan dimana di tahun 2020 dari data diatas sektor kosumen nonprimer ini terdapat 4 perusahaan yang menguasai pasar dengan total sales terbesar selama di tahun 2020 yaitu perusahaan ini adalah Perusahaan Mayora Indah Tbk. Enseval Putera, Megatrading Tbk. Tigaraksa Satria Tbk, dan juga perusahaan Smart Tbk.

Sedangkan dari data FCR tahun 2021 dengan 103 perusahaan di sektor konsumen non-primer juga terdapat 4 perusahaan yang mereka mampu menguasai pasar dengan total sales terbesar yaitu dipegang oleh Perusahaan Mayora Indah Tbk., Enseval Putera Megatrading Tbk. Tigaraksa Satria Tbk, dan juga perusahaan Smart Tbk.

Dari data di atas dapat diketahui bahwa di tahun 2020 dan 2021 perusahaan yang menguasai pasar dengan total sales terbanyaknya adalah keempat perusahaan yang sama, namun perusahaan ini mengalami kenaikan dan juga penurunan di antara 2 tahun. Dimana di tahun 2020 Perusahaan Mayora Indah Tbk, merupakan perusahaan dengan urutan pertama dengan
total sales yang dia miliki dan tetap menjadi perusahaan yang pertama dengan total pendapatan tertinggi di tahun 2021.

Pada saat 2020 tidak ada perubahan pada posisi 3 teratas pendapatan tertinggi yakni Perusahaan Mayora Indah Tbk. lalu di posisi kedua Enseval Putera Megatrading Tbk. Posisi ketiga ada perusahaan Tigaraksa Satria Tbk. dan yang keempat Smart Tbk.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.