Peringati HAN 2022, Bupati Salwa : Anak Adalah Aset dan Penerus Perjuangan Bangsa

Avatar of news.Limadetik
Peringati HAN 2022, Bupati Salwa : Anak Adalah Aset dan Penerus Perjuangan Bangsa
FOTO: Bupati Salwa saat memberi sambutan di HAN Bondowoso

LIMADETIK.COM, BONDOWOSO – Pemerintah Kanupaten (Pemkab) Bondowoso, Jawa Timur menggelar acara puncak peringatan Hari Anak Nasional atau HAN 2022.

Acara ini digelar dengan sasaran edukasinya yakni anak-anak. Mulai dari tingkatan PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA dan digelar di Pendopo Kabupaten Bondowoso, Sabtu (23/7/2022).

Bermacam kegiatan, seperti bazar edukasi, lomba mewarnai, layanan vaksinasi anak dan konseling kesehatan anak, gelar karya disabilitas, dan fragmen edukasi perlindungan anak.

Serta digelar pula pengukuhan IFA (Ibu Forum Anak) dan Forum Anak se kabupaten yang dilakukan simbolis di Pendopo Kabupaten yang diikuti oleh empat desa.

Dalam sambutannya, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengatakan, bahwa peringatan HAN ini menjadi memontum penting yang mengingatkan semua pihak.

“Mulai dari peran orang tua dan anggota masyarakat untuk terus menghargai dan mendukung hak-hak anak, serta memperhatikan pemenuhan hak-hak anak” kata Bupati Salwa dihadapan hadirin.

Bupati Salwa juga menyebutkan bahwa ini menjadi sangat penting karena anak-anak merupakan aset bangsa, dan penerus cita-cita perjuangan bangsa.

Melihat ini pun, ia mengajak mengajak seluruh pihak, pada momentum peringatan HAN ini untuk saling bergandeng tangan untuk membuat anak-anak di Bumi Ki Ronggo menjadi anak yang hebat. Karena dengan begitu maka bisa menjadikan Bondowoso Melesat.

“Jika anak Bondowoso hebat maka Bondowoso akan melesat” sambungnya.

Selain itu, kata Bupati, penting pula saling bahu membahu untuk bekerja bersama-sama mengatasi segala bentuk permasalahan yang terjadi pada anak. Seperti, terjadi kekerasan pada anak, pernikahan dini.

Dan ini pun selaras dengan tema peringatan HAN tahun ini, yaitu ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’.

“Karena dengan semakin kompleksnya permasalahan anak-anak. Sehingga perlu strategi intervensi yang konkrit agar dapat menjawab semua permasalahan anak” pungkasnya.

Kegiatan puncak HAN ini tidak hanya digelar di Pendopo Kabupaten. Informasi dihimpun Limadetik.com menyebutkan bahwa ada pula rangkaian-rangkaian acara yang telah dilaksanakan. Seperti di antaranya yaitu, lomba konten kreatif bersama LPKIPI, publikasi HAN, audiensi bersama LPA Jatim terkait program SAFE4C, street camp forum anak di Desa Jatitamban, serta sosialisasi pendewasaan usia perkawinan.